Jendela Barsela

Terapkan Aplikasi Ini, Pemkab Aceh Jaya Terima Penghargaan

×

Terapkan Aplikasi Ini, Pemkab Aceh Jaya Terima Penghargaan

Sebarkan artikel ini
Foto : Sekda Teuku Reza Fahlevi (Baju putih) saat menerima penghargaan. (Ist)

IG.NET, ACEH JAYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menerima penghargaan dari Gubernur Aceh sebagai salah satu kabupaten di Provinsi Aceh berhasil mengimplementasikan Aplikasi Srikandi.

Penghargaan itu diterima Sekretaris Daerah Aceh Jaya, Teuku Reza Fahlevi, saat launching Aplikasi Srikandi Pemerintah Aceh, di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rabu 17 Mei 2023.

Diketahui, Aplikasi Srikandi satu sistem informasi berfungsi untuk mempermudah proses pengarsipan dan mengoptimalkan pengelolaan arsip di dalam instansi pemerintahan.

Dengan penggunaan aplikasi ini, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja instansi pemerintahan.

Turut hadir dalam Launching Aplikasi Srikandi, Aplikasi Telusur Arsip, dan Diorama Kerarsipan Pemerintah Provinsi Aceh, sejumlah pejabat dan tamu undangan.

Antaranya, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs. Imam Goenarto, M.Hum, para pimpinan daerah dalam Provinsi Aceh atau perwakilannya, para Kepala SKPA, serta para Kepala SKPK terkait.

Pj Gubernur Aceh, diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Aceh Dr. Iskandar, menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya atas kesuksesan implementasi Aplikasi Srikandi.

“Berharap, prestasi ini dapat memotivasi daerah lain untuk mengadopsi teknologi serupa guna meningkatkan kualitas pelayanan publik di Aceh,” ujarnya.

Menurut Iskandar, perkembangan teknologi sangat cepat, menuntut pelayanan publik lebih baik dan terus beradaptasi dengan penggunakan teknologi, informasi dan komunikasi termasuk dalam tata kelola kearsipan.

Pemerintah Aceh, kata dia berkomitmen mempersiapkan langkah strategis, agar mampu beradaptasi dengan era industri digital menuju Aceh Digital.

“Hal ini juga merupakan tindak lanjut amanat dari Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo,” katanya.

Selain itu, implementasi Aplikasi Srikandi, juga merupakan upaya dari Pemerintah Aceh menuju Aceh digital, yang mana dalam perjalanannya membutuhkan kreativitas dan inovasi tanpa henti.

“Kita berharap aplikasi ini dapat diimplementasikan oleh seluruh SKPA dan seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Aceh.” pintanya.

Tempat sama, Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Drs.Imam Gunarto, menyebutkan sudah seharusnya SKPA pun pemerintah kabupaten/kota untuk mulai memindahkan cara kerja sebelumnya manual, ke cara kerja digital.

Kata dia, di tahun 2021, Presiden Republik Indonesia sudah menginstruksika meninggalkan cara kerja lama dan beralih ke cara kerja baru menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

“Tinggalkan pengelolaan arsip manual dan gunakan cara digital. Sekarang ini Aceh sudah melaksanakan instruksi presiden untuk mengelola arsip secara digital,” ungkap Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia itu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Aceh Jaya, Teuku Reza, menyampaikan rasa terimakasihnya atas penghargaan diterima Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya.

Dia berharap penggunaan Aplikasi Srikandi dapat terus ditingkatkan guna memberikan pelayanan lebih baik bagi masyarakat.

“Kami akan terus memaksimalkan penggunaan Aplikasi Srikandi untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan publik di Aceh Jaya,” kata Reza.

Dia juga mengatakan, dengan prestasi ini membuktikan Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya memiliki komitmen tinggi menerapkan teknologi informasi memajukan pelayanan publik.

Kata Reza, penghargaan diterima Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya ini, merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Aceh atas kerja keras dan komitmen dari SKPK di kabupaten setempat, dalam mengimplementasikan Aplikasi Srikandi dengan baik dan berhasil meningkatkan kualitas pelayanan publik. (*)

LIHAT JUGA:   Sat Resnarkoba Polres Ajay, Ringkus Pengguna Dan Pengedar Narkoba

Editor : VID