Nanggroe Aceh

Emak-emak Geruduk Kantor Desa Pawoh, Ini Sebabnya

×

Emak-emak Geruduk Kantor Desa Pawoh, Ini Sebabnya

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ABDYA – Puluhan Emak-emak di Desa Pawoh, Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan aksi damai dengan menyegel kantor keucik setempat, Jumat 28 April 2023 siang.

Aksi ini dilakukan sebagai protes terhadap kepemimpinan Keucik yang dinilai banyak dosa. Dosa-dosa itu dinilai sudah tidak patut dan harus ditegur dengan aksi nyata untuk perubahan ke arah yang lebih baik.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Salah satunya diduga tidak transparan dalam pengelolaan Dana Desa. Sebab itu, warga Gampong Pawoh Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya berdemo ke kantor keuchik.

Aksi masyarakat ini meminta pihak keuchik aparat desa yang bertanggung jawab segera memperjelas pertanggungjawaban penggunaan dana Gampong Pawoh. masyarakat mensinyalir ada indikasi penyimpangan.

LIHAT JUGA:   Pj Bupati Aceh Selatan Hadiri Pelantikan 197 PPPK

Tak hanya penggunaan dana desa mereka pertanyakan, masyarakat juga sudah muak dengan gaya kepemimpinan kepala desa yang bersikap arogan dan tidak transparan.

Menanggapi hal tersebut, Sementara Keucik Desa Pawoh, Yusri membantah semua yang dituduhkan masyarakatnya. Untuk poin terkait penggunaan anggaran dia mengaku sangat transparan. Untuk poin arogan dia tidak mengaku hal itu. Sementara soal visi-misinya saat kampanye dia mengaku menjalankan itu.

“Dan soal banyak aparatur yang mundur itu merupakan keinginan mereka. Akar masalah ini hanya soal celengan masjid. Padahal ini bukan masalah,” katanya Yusri yang dimintai keterangan awak media, Jum’at (29/4/2023) .

LIHAT JUGA:   Hari Buruh: SMuR Aceh Barat Gelar Aksi Tuntut Ini

Sementara Camat Susoh, Nasrul mengaku adanya aksi palang kantor desa di Gampoeng Pawoh Kecamatan Susoh.Namun pihaknya tidak menerima laporan adanya permasaalahan di desa, sehingga mereka tidak pernah tau, karena pihaknya tidak mungkin mengabaikan jika ada laporan dari masyarakat.

“Kami tidak pernah mengabaikan masalah-masalah di desa. Tapi soal ini, kami tidak menerima laporan, jika ada pasti kami segera menindaklajuti apa yang menjadi aspirasi masyarakat,” kata Camat.

Editor: RM Adens