Jendela BarselaNanggroe Aceh

Listrik Kerab Padam, YARA Aceh Jaya: GI Harus Ada Di Sini

×

Listrik Kerab Padam, YARA Aceh Jaya: GI Harus Ada Di Sini

Sebarkan artikel ini
Listrik Kerab Padam, YARA Aceh Jaya: GI Harus Ada Di Sini
Sahputra, Kepala Perwakilan YARA Aceh Jaya. (Dok pribadi)

INDONESIAGLOBAL, ACEH JAYA – Listrik di Kabupaten Aceh Jaya sering padam, hal itu menuai sorotan dari Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA).

Sahputra, Kepala Perwakilan YARA Aceh Jaya, Rabu 1 Mei 2024 malam, permasalahan pemadaman listrik di kabupaten ini, dinilainya sangat merugikan masyarakat di Aceh Jaya.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kata dia, Kabupaten Aceh Jaya ini sudah 22 tahun berdiri dari pemekaran Aceh Barat, namun sayangnya masalah listrik harus bergantung pada Gardu Induk (GI) berada di Aceh Barat.

LIHAT JUGA:   Ribuan Peserta Ramaikan Jalan Sehat Peluncuran Pilkada 2024 di Langsa

“Hal ini sangat disayangkan.” Sebab, selama ini jika ada perbaikan atau kerusakan terjadi di sepanjang jalur GI itu, seperti jatuh ranting di arongan saja, kelistrikan berimbas keseluruh Aceh Jaya, sehingga terjadi pemadaman, ungkap Putra.

Karena itu, dia meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya untuk serius mengatasi masalah ini.

Menurut Sahputra, sudah seharusnya di Aceh Jaya ini dibangun Gardu Induk, pemerintah harus berupaya agar Perusahan Listrik Negara (PT PLN Persero) dapat membangun GI di kabupaten ini, sebagai penyuplai listrik untuk kebutuhan masyarakat.

LIHAT JUGA:   Usai Berita "Modus Razia", Tayang, Ada Oknum Polisi Minta Cabut Berita

Selain itu, pemerintah setempat harus berupaya dan memberi dukungan, agar dibangunya GI.

“Seperti dengan memudahkan urusan, termasuk pembebasan lahan pembangunan GI, jika itu diperlukan.” Sehingga, adanya GI itu, berharap suplai daya dan pelayanan listrik ke masyarakat Aceh Jaya, bisa lebih maksimal dan stabil, tidak seperti selama ini, tutup Putra.

Editor: RAH