Jendela BarselaNanggroe Aceh

BPBD Agara Himbau Masyarakat Waspada Potensi Bencana Alam

×

BPBD Agara Himbau Masyarakat Waspada Potensi Bencana Alam

Sebarkan artikel ini
BPBD Agara Himbau Masyarakat Waspada Potensi Bencana Alam
Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Nazmi Desky. (Foto: Riko Hermanda/IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Tenggara mengimbau masyarakat untuk selalu waspada ancaman terhadap potensi bencana alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Kalaksa BPBD Aceh Tenggara Nazmi Desky kepada IndonesiaGlobal, Minggu 21 April 2024 mengungkapkan, berdasarkan informasi BMKG tentang peringatan dini cuaca Aceh diprediksi dari tanggal 19-21 April 2024 Kabupaten Aceh Tenggara berpotensi hujan lebat.

ADVERTISEMENTS
BANNER

“Untuk itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar waspada banjir apabila hujan deras terlalu lama mengguyur Aceh Tenggara,” kata Nazmi

Nazmi mengatakan, Pemerintah Daerah melalui BPBD Aceh Tenggara menghimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap kemungkinan terjadinya ancaman banjir, longsor, banjir bandang saat hujan lebat disertai angin kencang.

LIHAT JUGA:   Kejati Aceh Periksa Tersangka Suap BRA

Ia juga menghimbau, masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan selalu membersihkan sampah yang menyumbat di saluran drainase di setiap lingkungan masing masing dan memantau kondisi pohon, tiang listrik, reklame dan Penerangan jalan umum (PJU) apabila akan tumbang.

Lanjutnya, apabila hujan deras terlalu lama, masyarakat juga diminta tetap memantau kondisi gorong-gorong jembatan apabila material gelondongan kayu dan sampah menyumbat agar segera melaporkan petugas BPBD Aceh Tenggara.

“Kita sudah membuat surat edaran ke setiap Kecamatan di Aceh Tenggara agar menghimbau masyarakat untuk lebih waspada jika hujan turun,” sebutnya

LIHAT JUGA:   Dirlantas Akan Tindak Truk Tangki Penyebab Tumpahan CPO di Jalan

Himbauan ini dilakukan mengingat Aceh Tenggara di dalam bulan ini diguyur hujan dengan intensitas tinggi terlalu lama yang dapat menyebabkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan longsor.

“Kepada masyarakat dengan adanya himbauan ini, dapat dipatuhi dan lebih waspada, jika terjadi hal-hal tidak dinginkan saat hujan lebat melanda Aceh Tenggara, agar segera menghubungi petugas BPBD Aceh Tenggara melalui nomor telepon 082138804880 (Pusdalop PB) supaya secepatnya ditindaklanjuti.” pungkasnya. (MAG/Riko Hermanda)

Editor: VID