Jendela BarselaNanggroe Aceh

Jelang Idul Fitri, Satreskrim Polres Aceh Tenggara Cek SPBU

×

Jelang Idul Fitri, Satreskrim Polres Aceh Tenggara Cek SPBU

Sebarkan artikel ini
Jelang Idul Fitri, Satreskrim Polres Aceh Tenggara Cek SPBU
Personel Sat Reskrim Polres Agara melakukan kegiatan pengecekan di SPBU Kampung Melayu Kecamatan Babussalam Kabupaten Aceh Tenggara (Foto: Ist/Indonesiaglobal.net)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Personel Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Aceh Tenggara melakukan kegiatan pengecekan di SPBU yang ada di Kabupaten Aceh Tenggara.

Kegiatan ini bertujuan mencegah terjadinya penyalahgunaan BBM bersubsidi dan kualitas layanan yang diberikan oleh SPBU kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan sebagai bagian dari upaya polisi dalam menjaga ketertiban dan keamanan di wilayah Polres Aceh Tenggara.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kapolresta Aceh Tenggara, AKBP R Doni Sumarsono melalui Kasatreskrim Iptu Bagus Pribadi mengatakan, dalam kegiatan pengecekan tersebut, personel yang bertugas pengawas bersama tim operasional melakukan pemantauan terhadap aktivitas di SPBU.

“Benar kegiatan bukan untuk pengawasan saja tetapi juga mencegah terjadinya penyimpangan penjualan bahan bakar minyak (BBM) yang dapat merugikan masyarakat,” kata Iptu Bagus Pribadi, Jum’at 29 Maret 2024.

Lebih lanjut Kasat Reskrim mengatakan, selain itu pengawas juga melakukan pemeriksaan terhadap penggunaan BBM bersubsidi untuk mencegah penyalahgunaan yang dapat merugikan masyarakat.

LIHAT JUGA:   Berawal Laporan Warga, Polisi Tangkap Pria Pengedar Ganja di Agara

“Dengan adanya kegiatan pengecekan rutin seperti ini, diharapkan antrian di SPBU dapat diminimalisir dan bantuan subsidi BBM dapat tepat sasaran. Hal ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat serta menjaga ketersediaan BBM bersubsidi yang memang diperlukan oleh mereka yang membutuhkannya,” tambah Kasat.

Kemudian, Iptu Bagus menjelaskan, saat dilakukan pemeriksaan di SPBU Kampung Melayu Kecamatan Babussalam, menunjukkan bahwa semua pompa nozzle di SPBU tersebut telah ditera ulang beberapa bulan yang lalu, dengan tera ulang setiap tahunnya akan dilakukan pada bulan Oktober 2024 kedepan.

Pihak pengelola SPBU secara berkala melakukan uji mandiri untuk memastikan bahwa jumlah BBM yang di keluarkan dari pompa, sama dengan jumlah harga yang tertera dan ini juga sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, sambung Iptu Bagus.

“Dari hasil pengecekan pada mesin dispenser, semua nya dalam keadaan tersegel dan hasil pengecekan untuk jumlah BBM yang di keluarkan sama dengan jumlah harga yang dikeluarkan,” ucapnya.

LIHAT JUGA:   KIP Agara Gelar Test CAT PPS Pilkada 2024

Dan dari hasil pemeriksaan terhadap mesin dispenser, semua mesin tersebut masih dalam kondisi tersegel. Selain itu, berdasarkan pengecekan yang dilakukan, jumlah BBM yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah harga yang tertera.

Sementara itu, pihak SPBU juga berkomitmen untuk segera menghubungi pihak Metrologi apabila ada kendala terkait dengan mesin pompa dispenser untuk di lakukan perbaikan agar tidak merugikan masyarakat, sambungnya.

“Ini tetap akan dilakukan monitoring dan pengawasan secara rutin terhadap SPBU yang ada di Aceh Tenggara, untuk mengantisipasi adanya antrian dalam hal pembelian BBM, atau dugaan penyalahgunaan BBM sehingga terjadinya kelangkaan BBM di Aceh Tenggara dalam menghadapi momen penting seperti Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.” Pungkasnya. (MAG/Riko Hermanda)