Jendela BarselaPolri

Antisipasi Konflik Pemilu 2024, Kapolres Pandji Jalankan Instruksi Kapolri

×

Antisipasi Konflik Pemilu 2024, Kapolres Pandji Jalankan Instruksi Kapolri

Sebarkan artikel ini
Foto : Kapolres Pandji. (Ist)

IG.NET, ACEH BARAT – Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Pandji Santoso, jalankan instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, terkait program Polisi RW jelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Dia menjelaskan, program akan digencarkan itu merupakan kekhususan tugas utama dari kepolisian, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat berbasis kewilayahan, di wilayah hukumnya.

Kata Pandji, dengan adanya program sedemikian akan melahirkan situasi aman dan kondusif, apalagi saat ini telah diambang pintu perhelatan politik akbar lima tahunan, maka perlu ditingkatkan pengawasan.

“Pastinya polisi tetap bersiaga satu dalam menyikapi berbagai persoalan dinamika politik di Aceh Barat, guna mengantisipasi adanya polarisasi atau politik identitas, justru bisa menjerumuskan dua kelompok berbeda paham dan pandangan dalam berdinamika,” ungkap  Pandji, Senin 5 Juni 2023.

BACA JUGA:   Ruslan Diusung Bacalon Gubernur Aceh, Ini Kata Aktivis Muda Asel

Selain melakukan gerakan antisipasi politik identitas, kata dia, polisi juga menggencarkan sosialisasi upaya edukasi masyarakat, tujuannya ikut bersama-sama memberantas Hoax bertebaran di media sosial.

Sebab, menurut Pandji, secara fundamental dalam menyambut perhelatan politik ini terdapat dua hal sangat berpengaruh pada kekondusifan lingkungan masyarakat.

BANNER

“Pasalnya, bila tidak dicegah sedini mungkin, akan menimbulkan konflik antar sesama warga.” Untuk itu, langkah harus diterapkan bersama-sama dengan elemen masyarakat, yakni mengantisipasi berita hoax dan politik identitas.

BACA JUGA:   Balon Bupati Abdya Salman Alfarisi, Serahkan Berkas Pendaftaran Kepada Partai Golkar

Ini, terang Pandji, dua hal sangat penting dicegah, sehingga di masyarakat tetap terjadi hal positif dalam menyambut tahun politik.

Kemudian, kata dia, dua kategori ini ada beberapa tahapan gerakan, antaranya tahapan mapping, yakni proses persamaan dan pencocokan bidang dari satu database ke database lain, dilanjutkan tahapan pencegahan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Agara Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana

Seluruh tahapan akan dijalankan nanti, sebut Panjdi, dilakukan oleh Polisi Kamtibmas Polres Aceh Barat bersama unsur guru, Abu, Tengku, guna mensosialisasikannya. 

Semua personel polisi,akan dikerahkan semua, full melakukan pengawasan. Dia yakin, Provinsi Aceh, khususnya Aceh Barat banyak memiliki SDM mumpuni bidang masing-masing, katanya.

“Seperti banyak Abu, Guru, Teungku dan para tokoh masyarakat lain. Dengan begini, dipastikan akan terpelihara dengan baik mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat lebih maksimal saat pemilu berlangsung,” tutup Pandji.

Editor : VID