Jendela AlaNanggroe Aceh

Pj Bupati Agara Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana

×

Pj Bupati Agara Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Agara Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana
Pj. Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir, M.Si saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB). (Foto Humas Pemkab Agara)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Tenggara, Drs. Syakir bersama Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Nazmi Desky ikuti Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) dibuka oleh Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin di Kota Bandung Jawa Barat, Rabu 24 April 2024.

Kegiatan itu dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 23-24 April 2024, yang mengundang seluruh Kepala Daerah, Pangdam, Kapolda, Kalaksa BPBD Provinsi, Kalaksa BPBD Kab/Kota dan tamu undangan lainnya, termasuk Pangdam Iskandar Muda Mayjen. TNI. Niko Fahrizal, M.Tr (Han) Hadir di acara tersebut yang bertemakan, “Pengembangan Teknologi dan Inovasi Dalam Penanggulangan Bencana.”

ADVERTISEMENTS
BANNER

“Rapat ini bertujuan untuk penguatan kolaborasi dan sinergitas lembaga penanggulangan bencana, identifikasi, kendala dan evaluasi capaian program penanggulangan bencana serta penyelarasan rencana program provinsi kabupaten kota penyusun rekomendasi kebijakan BNPB dan BPBD untuk tahun 2024,” kata Syakir.

LIHAT JUGA:   Diduga Pelaku Pelecehan Seksual Anak Bawah Umur, Diringkus Polres Langsa

Syakir menyebutkan, Wakil Presiden Ma’ruf amin menyampaikan lima arahan yakni pengembangan industrialisasi penanggulangan bencana, kemudian melakukan pemetaan resiko bencana dan menerapkan kebijakan dan pemulihan serta rencanakan pembiayaan kegiatan penanggulangan bencana secara integratif dan tidak tumpah tindih.

Selain itu ada beberapa hasil rekomendasi yg dihasilkan dari Rakornas PB ini yaitu memperkuat kerjasama para pihak, meningkatkan kualitas dan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), melakukan upaya penguatan kapasitas personil.

LIHAT JUGA:   DPR Daerah Kabupaten Langkat Kunjungi KNPI Langsa

Selanjutnya, memperkuat tata kelola kedaruratan dan logistik, mempercepat implementasi berbagai inisiatif strategis pembiayaan alternatif untuk pra darurat dan pasca bencana juga memperhatikan Kapasitas fiskal.

Syakir berharap dari rekomendasi Rakornas PB ini BPBD Kabupaten Aceh Tenggara dan seluruh Stakeholder terkait dalam penanganan bencana dapat meningkatkan Kolaborasi sehingga kedepannya Penanganan bencana di Kabupaten Aceh Tenggara dapat lebih baik lagi. (MAG/Riko Hermanda)

Editor: RAH