Jendela Barsela

Demi 30 Persen Perempuan, Panwaslu Agara Perpanjang Pendaftaran

×

Demi 30 Persen Perempuan, Panwaslu Agara Perpanjang Pendaftaran

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH TENGGARA – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Aceh Tenggara, akan membuka kembali pendaftaran Calon Panwaslu Kecamatan, 1 Oktober 2022 mendatang.

Hal itu diberlakukan bukan tanpa sebab. Pasalnya, umumnya pendaftar didominasi oleh kaum Adam. Sehingga keterwakilan kaum perempuan dinilai belum terpenuhi.

BANNER

“Hal ini sesuai dengan regulasi terbaru perekrutan panitia Panwaslu Kecamatan tentang keterwakilan 30 persen Perempuan, maka akan dibuka lagi pendaftarannya,” ungkap Ketua Panwaslu Aceh Tenggara, Mahendra Muhada S. Sos, kepada IndonesiaGlobal.Net, Rabu 28 September 2022.

BACA JUGA:   Pansel Umumkan Nama Lulus Administrasi Calon Anggota Panwaslih Pilkada Agara

Ia mengungkapkan, saat ini para pendaftar calon panwaslu tercatat sebanyak 379 pelamar, antaranya 283 laki- laki dan sisanya 96 perempuan.

BACA JUGA:   Pj Bupati Asel, Resmikan RSUD Pratama T Cut Ali Kluet Selatan

Padahal sebelumnya, pada tanggal 21 September 2022 Panwaslu telah membuka pendaftaran. Namun dari 16 kecamatan hanya empat kecamatan yang memenuhi keterwakilan, yakni Kecamatan Badar, Darul Hasanah, Semadam, dan Deleng Pokisen, sementara 12 Kecamatan belum terpenuhi.

BACA JUGA:   IRT di Aceh Tenggara, Jadi Pengedar Narkoba

“Maka bagi 12 Kecamatan akan dibuka lagi pendaftaran pada 1 sampai 8 Oktober 2022 nanti. Jika semua kuota keterwakilan perempuan telah terpenuhi, peserta calon akan mengikuti tahapan selanjutnya,” kata dia.

 

MAG/Salihan Beruh melaporkan

Editor: R. Mauliady