Jendela BarselaNanggroe Aceh

Tingkatkan Pengelolaan Ziwah, Baitul Mal Aceh Selatan Gelar Bimtek

×

Tingkatkan Pengelolaan Ziwah, Baitul Mal Aceh Selatan Gelar Bimtek

Sebarkan artikel ini
Tingkatkan Pengelolaan Ziwah, Baitul Mal Aceh Selatan Gelar Bimtek
Foto: Tingkatkan Manajemen Kelola Zakat, Baitul Mal Aceh Selatan gelar Bimtek. (Ilham/IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH SELATAN – Sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan gelar Bimbingan Teknik (Bimtek) peningkatan pengelolaan zakat, infaq, waqaf dan harta keagamaan lainnya (Ziwah), di Aula Pariwisata, Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Selasa 28 November 2023.

Turut hadir, Inspektorat, Kepala Bappeda, Kepala BPKD, Dewan Pengawas Baitul Mal, Badan Baitul Mal, tenaga penyuluh agama, Sekretariat Baitul Mal Aceh Selatan dan tenaga profesional.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Saat kegiatan, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, mengatakan zakat merupakan salah satu potensi besar dalam mensejahterakan ummat. “Karena itu, zakat perlu dikelola dengan baik,” kata Pj bupati.

LIHAT JUGA:   Turnamen Semi Open KNPI Cup 2024 Digelar Di Kluet Utara

Selain itu, dia mengatakan Pemerintah Aceh Selatan dengan sifat kekhususan, dan keistimewaan telah mengambil peran dalam pengelolaan zakat dengan membentuk Lembaga Baitul Mal, baik di tingkat provinsi pun kabupaten, tutur Cut Syazalisma.

Sementara itu, Ketua Panitia Guzmawi Mustafa, juga sebagai Kepsek BMK di Aceh Selatan, menuturkan kegiatan ini merujuk pada dasar Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal.

Sebagaimana telah diubah dengan Qanun Aceh Nomor 3, Tahun 2021 tentang perubahan atas Qanun Nomor 10 Tahun 2018 tentang Baitul Mal, berkenaan pengelolaan zakat.

LIHAT JUGA:   Pelajar SMP Curi Motor Polisi

Kata dia, Bimtek ini dilakukan sebagai penguatan untuk pengelolaan kelembagaan Baitul Mal yang baik. Sehingga mampu menggarap potensi zakat secara maksimal, dan tentunya akan memberikan dampak sangat baik dalam mengentaskan kemiskinan di Aceh Selatan.

“Selain itu, kegiatan ini digelar selama dua hari, sejak Senin 27 November, hingga Selasa 28 November 2023, melibatkan 46 orang peserta,” demikian. (MAG)

Editor: YUD

Pelajar SMP Curi Motor Polisi
Hukum

INDONESIAGLOBAL, LHOKSUKON – Satuan reskrim Polres Aceh Utara meringkus pelaku pencurian sepeda motor, di Jalan Lintas Banda Aceh-Medan, Kecamatan Muara…