Jendela Ala

Atasi Banjir, Pj Bupati Abdya Turunkan Alat Berat Luruskan Saluran Paya Laot

×

Atasi Banjir, Pj Bupati Abdya Turunkan Alat Berat Luruskan Saluran Paya Laot

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ABDYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya, lakukan kegiatan normalisasi pengerukan saluran areal persawahan Paya Laoet, di Kecamatan Manggeng.

Itu dilakukan, guna mengantisipasi banjir selama ini kerap terjadi. Sehingga membuat areal persawahan milik warga ikut terendam banjir mengakibatkan bisa gagal panen.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Memastikan kegiatan berjalan dengan baik, Pj Bupati Abdya Darmansah, meninjau pelaksanaan kegiatan mengerahkan satu unit alat berat eskavator. Didampingi Sekda Abdya Salman Alfarisi, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha dan Kepala Dinas PUPR.

Sela peninjauan, Darmansah mengatakan pengerukan saluran dilakukan pihaknya, sebagai solusi mengatasi banjir di kawasan Paya Laot sudah berlangsung lama.

Kata Darman, ternyata setelah kita turun ke lapangan melakukan survei, kita mengambil sikap untuk menyelesaikan banjir di daerah ini. “Alhamdulillah, hari ini sudah mulai kita bersihkan salurannya,” jelas Pj Darmansah.

LIHAT JUGA:   Belasan Calon Anggota Panwaslih Pilkada Agara Ikuti Ujian Asesmen Psikologi

Dia menjelaskan, setidaknya ada tiga tahap dirinya turun ke Paya Laot. Pertama, saat melakukan survei karena laporan masyarakat dan juga berita di media terkait kondisi banjir di Paya Laot.

Kedua, berembuk dengan pemilik tanah untuk mempermudah proses normalisasi. Dan ketiga, langsung menurunkan alat berat guna melakukan pengerukan saluran tersebut.

“Insya Allah, saluran ini selesai kita normalisasi, dan mudah-mudahan banjir yang sudah bertahun-tahun yang dialami oleh masyarakat di Paya Laot akan teratasi dengan segera,” imbuhnya.

Dia mengimbau, kepada petani setempat agar dapat menjaga saluran tersebut degan baik. Jangan sampai kiri-kanan saluran ditumbuhi rumput dan pohon-pohon besar dapat menghambat aliran air.

LIHAT JUGA:   Bakal Diusung Demokrat, Raidin Pinim Maju Calon Bupati Agara

“Kita harapkan, Pak Camat, Pak Keuchik dengan para petani dapat bergotong royong membersihkan jaringan air ini. Jangan sampai tumbuhan bisa tumbuh besar. Paling tidak sebelum turun ke sawah saluran ini sudah dibersihkan,” pesan Darman.

Tempat sama, atas respon cepat dilakukan Pj Bupati Abdya dalam menangani persolan banjir Paya Laot, petani kawasan tersebut memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Darmansah.

“Alhamdulillah, semoga dengan dibersihkannya saluran ini tidak lagi terjadi banjir. Terima kasih pak Pj Bupati dan juga pihak lainnya ikut berpartisipasi,” sebut Afrizal salah satu petani Paya Laot.

“Semoga dibawah pimpinan Pj Bupati Abdya H Darmansah, Abdya menjadi lebih baik lagi,” harap dia.

 

MAG/ Mustafa melaporkan

Editor: R. Mauliady