Jendela BarselaUniversitas

UTU Gelar Wisuda XVI Tahun 2023, Luluskan 731 Sarjana

×

UTU Gelar Wisuda XVI Tahun 2023, Luluskan 731 Sarjana

Sebarkan artikel ini
Foto: UTU Gelar Wisuda XVI Tahun 2023. (Ist)

IG.NET, ACEH BARAT – Diikuti sejumlah 731 orang lulusan, terdiri dari laki-laki 275 orang dan perempuan sebanyak 456 orang. Senat Universitas Teuku Umar (UTU) kembali menyelenggarakan Rapat Terbuka dengan agenda Wisuda Lulusan Program Sarjana XVI, di Auditorium Teuku Umar, Gedung Kuliah Terintegrasi (GKT) Kampus UTU, Sabtu 23 September 2023.

Turut hadir, Rektor UTU, Prof. Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Nyak Amir, M.Pd, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ibrahim, SKM., M.NSc.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kemudian, Ketua Senat Basri, SH., M.H, Para Dekan, segenap anggota senat, ketua IKA UTU, pejabat struktural, dosen dan tenaga kependidikan, serta segenap undangan, dan para wisudawan/ti beserta orangtua/wali.

Profesor Ishak Hasan, Rektor Universitas UTU, menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan, kata dia suatu kebanggaan bagi lulusan bisa merayakan hari wisuda bersama orang tua dan keluarga besar.

“Alhamdulillah, Saya melihat wajah-wajah bahagia di tempat ini baik wisudawan maupun orang tua dan keluarga. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk masa depan yang lebih baik,” imbuhnya saat pidato.

LIHAT JUGA:   Jumat Curhat, Kapolres Asel Tatap Muka Dengan Masyarakat

Kepada para wisudawan/ti dengan gelar akademis berhasil disandang, ia berharap  lulusan UTU dapat mengamalkan ilmu yang dimiliki, “Menapaki karier dan kembali ke tengah masyarakat, serta memberikan kontribusi yang terbaik untuk bangsa dan negara,” pesan Ishak.

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa tantangan lulusan ke depan semakin tidak mudah. Perubahan zaman dengan segala tuntutan kompetensi, di dalamnya mau tidak mau mengharuskan lulusan bisa beradaptasi dan berkolaborasi untuk melahirkan inovasi.

Foto: Universitas Teuku Umar kembali menyelenggarakan Rapat Terbuka dengan agenda Wisuda Lulusan Program Sarjana XVI. (Ist)

“Karena itu, para lulusan benar-benar disiapkan di bangku kuliah, baik dari aspek akademik maupun aspek non-akademik,” katanya, menjelaskan mahasiswa juga dibekali dengan hard skills dan soft skills di bidangnya masing-masing.

Selain belajar di kampus, ujar dia mahasiswa juga dilepas untuk mengembangkan diri dan kompetensi di luar kampus lewat program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM). “Guna memperkuat lulusan, UTU menjalin banyak kerjasama dengan berbagai lembaga dan perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri.”

LIHAT JUGA:   Listrik Kerab Padam, YARA Aceh Jaya: GI Harus Ada Di Sini

Kepada para lulusan, pesan dia untuk tetap menjaga nama baik almamater dan membawa perubahan di mana pun berada. “Lahirkan inovasi dan terus berikan kontribusi terbaik untuk masyarakat, bangsa dan negara. Sebaik-baik manusia adalah bermanfaat bagi yang lain. Doa dan dukungan kami selalu mengiringi langkah anda semua,” tutup Profesor Ishak Hasan memotivasi lulusan.

Untuk diketahui, adapun ke 731 orang peserta mengikuti wisuda angkatan 16 tahun 2023 ini, terdiri dari 75 wisudawan, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat, 124 Wisudawan dari Fakultas Teknik, 142 Wisudawan dari Fakultas Pertanian.

Kemudian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) seramai 66 Wisudawan, Fakultas Ekonomi sebanyak 125 Wisudawan dan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebanyak 199 Wisudawan.

Berikut jumlah wisuda angkatan pertama, hingga Wisuda XVI; Jumlah wisudawan telah lulus dari UTU sebanyak 78,131 lulusan. Sementara jumlah mahasiswa aktif sebanyak 8,335 orang. (*)

Editor: DEPP