Jendela Barsela

Hari Lahir Pancasila, Pj Nurdin Sampaikan Amanat Presiden

×

Hari Lahir Pancasila, Pj Nurdin Sampaikan Amanat Presiden

Sebarkan artikel ini
Foto : Penjabat Bupati Dr. Nurdin, pimpin upacara hari Lahir Pancasila. (Ist)

IG.NET, ACEH JAYA – Penjabat Bupati Dr. Nurdin, pimpin upacara hari Lahir Pancasila di Halaman Kantor Bupati Aceh Jaya, Kamis 1 Mei 2023.

Turut hadir, Sekretaris Daerah Aceh Jaya, Ketua DPRK, Kapolres Dandim 0114/Aceh Jaya, Kajari Aceh Jaya, Ketua Pengadilan Ketua Mahkamah Syariah Calang, Ketua MPU, Ketua MAA Aceh Jaya, Ketua MPD, Ketua Mahkamah Syariah Aceh Jaya, Kakan Kemenag Aceh Jaya.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kemudian, para Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bidang Politik dan Keamanan, para Asisten Setdakab Aceh Jaya, para Kepala SKPK Kabupaten Aceh Jaya, terdiri pejabat Eselon III dan IV, Komandan Kompi D Teunom, Komandan Kompi Brimob Aceh Jaya, unsur Forkopimda setempat, dan unsur terkait lainnya.

Membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo, Nurdin menyampaikan, nilai-nilai Pancasila menjadi falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

Kata dia, dalam amanat Presiden Joko Widodo, menegaskan Pancasila merupakan meja statis menyatukan berbagai keragaman yang ada.

“Serta menjadi “Bintang Penuntun” dinamis dalam membimbing kehidupan bangsa menuju cita-cita pendirian negara, yaitu mewujudkan masyarakat Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” imbuh Nurdin.

LIHAT JUGA:   Dinas Pendidikan Asel Gelar FLS2N
Foto : Upacara hari Lahir Pancasila, di Halaman Kantor Bupati Aceh Jaya. (Ist)

Menurut Presiden, dijelaskan Pj bupati itu, Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, bukanlah sekadar wacana. “Melainkan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filosofis, politis, historis, maupun kultural.”

Kata presiden, kehadiran Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia.

Presiden Joko Widodo, menekankan bahwa pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta terhadap tanah air dan dapat membantu membangun bangsa dan negara lebih baik.

Sebab itu, nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerjasama, dan saling menghormati.

“Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, menjadi berkah merajut identitas Nasional Bhinneka Tunggal Ika, dalam keragaman yang ada,” ucap Nurdin.

Dalam peringatan hari Lahir Pancasila tahun 2023 ini, kata Pj Nurdin, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama-sama membangun peradaban dan pertumbuhan global.

Presiden mengimbau, untuk menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila serta nilai-nilai terkandung di dalamnya. Selain itu, tutur Nurdin.

Presiden, juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kata Nurdin, Presiden Joko Widodo berharap semangat Pancasila terus ditiupkan dari Sabang hingga Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote.

LIHAT JUGA:   Polres Aceh Jaya Ungkap Dugaan Perampasan Mobil Dan Peredaran Narkoba

“Presiden mendorong untuk terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi, guna meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia akan membawa negara ini ke masa depan.”

Foto : Pancasila merupakan meja statis menyatukan berbagai keragaman yang ada. (Ist)

Selain itu, ucap Nurdin, presiden berharap Indonesia menjadi bangsa besar, disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, yaitu Pancasila.

Akhir amanat dibacanya, tutur Nurdin, Presiden Joko Widodo menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para Founding Fathers atas warisan luhur Pancasila kita nikmati hingga saat ini.

“Joko Widodo, mengapresiasi generasi penerus bangsa telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.”

Kata presiden, mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Berharap peringatan hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2023 ini, dapat meningkatkan kinerja, menciptakan prestasi, melakukan terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun akan datang,” demikian amanat Presiden Joko Widodo. 

Editor : VID

Dinas Pendidikan Asel Gelar FLS2N
Jendela Barsela

INDONESIAGLOBAL, ACEH SELATAN – Guna Meningkatkan Kesenian Siswa, Dinas Pendidikan Aceh Selatan Menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat…