Jendela BarselaNanggroe Aceh

Dinas Pendidikan Asel Gelar FLS2N

×

Dinas Pendidikan Asel Gelar FLS2N

Sebarkan artikel ini
Dinas Pendidikan Asel Gelar FLS2N
Festival FLS2N tingkat SD dalam Kabupaten Aceh Selatan. (Foto Ilham/Indonesiaglobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH SELATAN – Guna Meningkatkan Kesenian Siswa, Dinas Pendidikan Aceh Selatan Menggelar Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Sekolah Dasar (SD) se sekabupaten setempat.

Giat tersebut digelar ditiga titik lokasi berbeda, yakni di halaman kantor dinas pendidikan Aceh Selatan, di Aula Dinas Pendidikan dan di Dinas Pariwisata Aceh Selatan, Kamis 16 Mei 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Saat acara, turut berhadir Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan, Akmal AH, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, kepala bidang kependidikan dan kebudayaan,
pengawas dinas pendidikan dan kebudayaan Aceh Selatan.

Selain itu, juga dihadiri oleh dewan juri dari tiap bidang perlombaan, kepala sekolah dalam kabupaten Aceh Selatan, pendamping siswa dan peserta perlombaan FLS2N.

Kabit SD, Hendra Saputra, selaku ketua panitia, dalam kesempatannya mengatakan tujuan diselenggarakannya FLS2N tingkat SD ini guna mengembangkan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa dalam bidang Seni, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetetitif, rasa percaya diri dan rasa tanggung jawab.

Kata dia, “peserta merupakan siswa dam siswi Sekolah Dasar yang terdaftar sebagai peserta didik, memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan sudah melakukan Registrasi Pendaftaran pada Web BPTI dan WEB Ajang Talenta,” ujarnya.

LIHAT JUGA:   Devayan Safakat Bersama Dermawan, Bantu Anak Penderita Bocor Jantung Simeulue

Peserta Lomba sebanyak 144 orang, sambung Kabit SD, pendamping sebanyak 90 orang, perwakilan kepala sekolah sebanyak 90 orang, dewan juri sebanyak 15 orang, panitia sebanyak 30 orang, total peserta sebanyak 369 orang.

Hadiah yang kita sediakan berupa uang tunai, tropy dan sertifikat untuk juara I, II, III dan juara harapan I, harapan II, harapan III percabang Lomba.

“Perlombaan yang akan kita selenggarakan sebanyak 5 cabang, yakni lomba menyanyi solo, lomba seni tari, lomba pantomim, lomba kriya dan gambar bercerita,” sebut Hendra.

Ditempat yang sama, Kadis Pendidikan, Akmal AH, menyampaikan perlombaan ini merupakan salah satu wujud pembinaan dari masing-masing sekolah, “pada hari ini juga kita akan melihat hasil dari binaan tersebut,” kata Kadis.

Dia menyebut, kegiatan ini merupakan acara yang berjenjang, dari tingkat kecamatan, kabupaten dan pemenangnya akan kita kirimkan ke provinsi, jika lolos maka kita akan antarkan ke tingkat nasional nantinya.

LIHAT JUGA:   Panwaslih Kota Langsa Buka Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

“Pada tahun lalu, kita sudah pernah mengirimkan salah satu siswa dari kabupaten Aceh Selatan ke tingkat Nasional dalam ajang perlombaan penyanyi solo,” katanya.

Semoga kedepannya kita terus melahirkan generasi-generasi yang bisa mewakili provinsi ke tingkat Nasional dan membawa pulang hadiah sebagai sang juara dan ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Dia berharap, “jika tahun lalu kita berhasil mengirimkan satu orang, maka tahun ini minimal kita berhasil mengimkan sebanyak 5 sisiwa atau siswi ke tingkat Nasional,” harapnya.

Dia juga mengatakan akan terus memantau dari tiap kecamatan dan pengawas dalam membimbing dan membina perkembangan anak didiknya.

“Saya juga menekan kepada dewan juri untuk menilai peserta semaksimak mungkin, jangan ada yang mendengarkan bisikan-bisikan setan yang hal itu akan berdampak pada mental peserta nantinya,” tegas Kadis.

Terpisah, usai pembukaan, Kadis Pendidikan memberikan penghargaan kepada salah satu guru berprestasi yang berasal dari sekolah SDN 4 Kandang, yang merupakan juara 3 pada cabang lombang sain bidang bahasa indonesia tingkat Nasional. (MAG)

Editor: RAH