Jendela Barsela

Ketua Komnas HAM Aceh, Lakukan Kunker di Lapas Calang

×

Ketua Komnas HAM Aceh, Lakukan Kunker di Lapas Calang

Sebarkan artikel ini

Foto: Kunjungan kerja dilakukan itu dalam rangka koordinasi dan monitoring terkait penyelenggaraan layanan di UPT Pemasyarakatan. (Ist)


 

ADVERTISEMENTS
BANNER

IG.NET, ACEH JAYA – Kepala Lapas Kelas III Calang dan jajaran menyambut Kunjungan Kerja Ketua Komnas HAM Perwakilan Aceh, Sepriady Utama, Selasa 14 Maret 2023.

Rusli, Kalapas Calang kepada IndonesiaGlobal, mengatakan Kunjungan Kerja dilakukan dalam rangka koordinasi dan monitoring terkait penyelenggaraan layanan di UPT Pemasyarakatan, baik kepada warga binaan pun masyarakat.

Dia menjelaskan, dengan Kunker Komnas HAM Aceh dilakukan, itu dalam rangka koordinasi dan monitoring terkait penyelenggaraan layanan pemasyarakatan di Lapas Kelas III Calang.

Dalam kegiatan itu, Kalapas Calang juga menyampaikan berbagai program telah dilaksanakan di Lapas ini.

“Baik program re-integrasi, seperti pengusulan bebas bersyarat dan pemberian remisi, program pembinaan kepribadian, bimbingan kerja, layanan kesehatan, bimbingan jasmani, dan sebagainya,” ungkap Rusli.

LIHAT JUGA:   Jumat Curhat, Kapolres Asel Tatap Muka Dengan Masyarakat
Foto: Ketua Komnas HAM Aceh Lakukan Kunker di Lapas Calang. (Ist)

Selain itu, Komnas HAM Aceh juga melakukan monitoring dan wawancara secara langsung kepada para pejabat struktural terbagi dalam beberapa Subseksi, yaitu Subsi Admisi dan Orientasi, Subsi Pembinaan dan Subsi Keamanan dan Ketertiban.

Kemudian, monitoring dan wawancara tersebut dilakukan dalam rangka memeriksa, menelaah dan mendiskusikan apa saja dicatat pada buku register serta bagaimana alur administrasi surat-menyurat lainnya.

“Baik pengusulan program re-integrasi, pemberian remisi serta pemberian sanksi bilamana ada warga binaan yang terbukti melakukan pelanggaran tata tertib didalam Lapas,” ujarnya.

LIHAT JUGA:   Masyarakat Bakongan Raya-Trumon Raya, Keluhkan Lampu Kerab Padam

Selain monitoring pada bagian administrasi perkantoran, Rusli menyebutkan pihak Komnas HAM Aceh juga memantau situasi dan kondisi sarana prasarana di Lapas Kelas III Calang.

live draw hk live draw hk live draw sgp daftar slot 138 akun orang dalam“Mulai dari halaman steril, blok hunian warga binaan dan dapur umum.” Pada kesempatan tersebut, Ketua Komnas HAM Aceh juga menyapa langsung beberapa warga binaan sedang beristirahat di kamar hunian masing-masing.

Kata Rusli, giat koordinasi dan monitoring oleh Ketua Komnas HAM Perwakilan Aceh di Lapas Kelas III Calang, sejauh ini telah berjalan dengan baik dan lancar.

Pada giat monitoring tersebut, Lapas Kelas III Calang juga telah memberikan informasi secara transparan sesuai ketentuan berlaku, tutup dia.

 

Editor: DEP