Internasional

Nyawa Warga Palestina Terancam Akibat Konsumsi Air Kotor

×

Nyawa Warga Palestina Terancam Akibat Konsumsi Air Kotor

Sebarkan artikel ini
Nyawa Warga Palestina Terancam Akibat Konsumsi Air Kotor
Air limbah terlihat di kamp pengungsi di kota Deir al-Balah, Jalur Gaza tengah, Palestina (17/4/2024). (Foto: Antara/Xinhua)

INDONESIAGLOBAL – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Palestina melaporkan, nyawa warganya sedang dalam bahaya dikarenakan terpaksa mengonsumsi air yang tidak aman. Hal ini disebabkan adanya larangan Israel atas penggunaan klorin atau alternatif apa pun untuk mengolah air minum.

“Karena penutupan laboratorium kesehatan masyarakat dan ketidakmampuan untuk menguji air minum, maka semua warga Jalur Gaza meminum air yang tidak aman dan membahayakan nyawa mereka,” kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan resmi, Sabtu 27 April 2024 waktu setempat.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Selain itu, Kemenkes juga memperingatkan penumpukan sampah di jalan-jalan dan kamp-kamp juga dapat menyebabkan penyebaran penyakit. Pihak Kemenkes pada Rabu (24/4/2024) mendeteksi adanya kasus meningitis dan hepatitis.

Diketahui, Israel telah melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina, Hamas, pada 7 Oktober yang menurut Tel Aviv menewaskan kurang dari 1.200 orang.

Hampir 34.400 warga Palestina telah terbunuh dengan sebagian besar korban adalah perempuan dan anak-anak. Tak hanya itu, lebih dari 77.400 orang terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Israel dituduh telah melakukan genosida oleh Mahkamah Internasional. Putusan sela pada Januari lalu memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan diperintahkan untuk menjamin bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: inilah

Israel Masuk Daftar Hitam PBB
Internasional

INDONESIAGLOBAL – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres menyatakan telah memasukkan Israel ke dalam daftar hitam negara dan organisasi…