JabodetabekJakbarPWI

Junjung Tinggi Profesionalitas Wartawan, PWI Jakarta Utara Gelar Konferensi Perdana

×

Junjung Tinggi Profesionalitas Wartawan, PWI Jakarta Utara Gelar Konferensi Perdana

Sebarkan artikel ini
Junjung Tinggi Profesionalitas Wartawan, PWI Jakarta Utara Gelar Konferensi Perdana

INDONESIAGLOBAL, JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Koordinatoriat Jakarta Utara menggelar konferensi perdana masa bakti 2023- 2026 di Putri Duyung Cottage, Taman Impian Jaya Ancol pada, Kamis 26 Oktober 2023.

Konferensi ini mengusung tema ‘Peningkatan Profesionalitas Jurnalis di Era Digital’ serta dengan semangat konferensi, PWI koordinatoriat Jakarta Utara siap meningkatkan profesionalitas dan mensukseskan Pemilu damai 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Ketua PWI Koordinatoriat Jakarta Utara, Ilham Dharmawan mengatakan, raker perdana PWI Koordinatoriat Jakarta Utara ini sangat penting dilaksanakan, karena salah satu tujuannya adalah untuk menyatukan konsep pandangan dan program secara bersama-sama dalam satu wadah.

“Saya harap nanti yang bertugas di bidangnya masing-masing atau seksie-seksie yang dibentuk bisa membuat program untuk mendukung berkembangnya PWI Koordinatoriat Jakarta Utara,” ujar Ilham.

Senada, Sekretaris PWI DKI Jakarta Kesid B Handoyo, yang didampingi bidang hukum, Arman Suparman dan Kadir selaku wakil bendahara, menyampaikan Profesionalitas jurnalis di era digital harus terus ditingkatkan. Media pers tugasnya melengkapi info yg ada di media sosial. Sehingga apa yang didapat dari media sosial tidak ditelan mentah-mentah dan diupload

“Ingat! Harkat pers lebih tinggi dibanding netizen, kita ada chek and balance, dan verifikasi berita,” tegasnya

Kesit pun berpesan kepada anggota PWI Jakarta Utara agar menjaga keindependensian dalam menyambut pemilu 2024. Diketahui ada tiga calon presiden nantinya, boleh saja mendukung sebagai pribadi, tapi sebagai wartawan itu harus disingkirkan, tidak boleh menjelek-jelekan capres lain.

“Kita bekerja diawasi oleh undang-undang pers dan kode etik, itu tidak bisa ditawar, itulah namanya profesionalitas, kalau itu dijaga, kita bisa menghayati apa tugas dan tanggung jawab wartawan, semoga ke depan bisa berkualitas, profesionalitas. Baiknya teman2 di Utara, berarti baiknya PWI DKI Prov DKI Jakarta, saya yakin PWI Jakarta Utara akan maju dan sukses,” bebernya.

Pantauan di lokasi, acara berlangsung dengan lancar. Para peserta juga menyampaikan berbagai program kerja ke depan. Turut hadir, Dr LAKSAMANA TNI (Purn.) Dr.HM Faisal Manaf yang dinobatkan sebagai Dewan Pembina PWI Jakarta Utara, Aji Lubis yang dikukuhkan sebagai Dewan Penasehat. Kasi Humas Polres Metro Jakarta Utara, Perwakilan Forum Wartawan Kejaksaan Agung, Sekretaris PWI DKI Jakarta, Kesit B Handoyo, Ketua Bidang Hukum PWI DKI Jakarta Arman Suparman, Kadir dan lain sebagainya.

Di sisi lain, Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim yang seharusnya menjadi sejajar mitra PWI Jakarta Utara justeru tak kelihatan batang hidungnya. Bahkan, dirinya pun tak mengirim perwakilan untuk hadir dalam acara organisasi Pers tertua di Indonesia ini. Dirinya terkesan menghindar dan tidak mau nimbrung bersama para insan Pers ini. Sebab, tak hanya pada kesempatan ini, sebelumya, ketika PWI Jakarta Utara menggelar berbagai kegiatan, sosok Walikota itu pun tak pernah muncul di permukaan.

Editor: RM Adens