Jendela BarselaPolri

Diniai Berbahaya, Polres Abdya Musnahkan Puluhan Petasan

×

Diniai Berbahaya, Polres Abdya Musnahkan Puluhan Petasan

Sebarkan artikel ini
Foto : Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, didampingu PJ Bupati, dan unsur Forkompinda saat melakukan pemusnahan petasan. (Mustafa)

IG.NET. ABDYA – Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Aceh Barat Daya, lakukan pemusnahan puluhan batang petasan daya ledak tinggi, diamankan dari beberapa pedagang di wilayah hukum setempat, digelar di halaman polres, Senin 17 April 2023.

Sela kegiatan, Kapolres Abdya AKBP Dhani Catra Nugraha, mengatakan petasan-petasan ini hasil temuan di sejumlah masyarakat.  “Kita lakukan upaya preventif untuk kita ambil petasan tersebut agar mereka juga tidak celaka,” tegas dia.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Dhani menjelaskan, beberapa petasan disita, berdiameter hingga 10 centimeter. Petasan jenis ini berdaya ledak tinggi dan dapat merusak serta mencelakakan orang lain.

LIHAT JUGA:   Pemkab Aceh Jaya Terima 68 Sertifikat Tanah Dari BPN

“Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H tahun ini, maka kita langsung mengambil langkah awal mencegahnya,” imbuh Dhani.

Kapolres juga mengingatkan, bermain petasan merupakan hal berbahaya, apalagi jika dipegang anak-anak bawah umur.

“Sebab itu, kita berharap para orang tua dapat mengawasi anaknya agar tidak menggunakan petasan berhulu ledak tinggi. Karena berbahaya,” pesan Kapolres Dhani.

Hal senada turut disampaikan Pj Pj Bupati Abdya H Darmansah, ia meminta para orang tua untuk menjaga anak-anak agar tidak melakukan kegiatan membahayakan.

LIHAT JUGA:   Listrik Kerab Padam, YARA Aceh Jaya: GI Harus Ada Di Sini

“Orang tua seharusnya menyiapkan masa depan anak. Kita seharusnya menyiapkan anak kita menjadi generasi maju, berkualitas. Tidak memikirkan mercon.”

Kata dia, Polisi, pemerintah, dan tokoh masyarakat akan terus mengingatkan bahaya menyalakan petasan. “Meski intensitas peledakan petasan menurun, kita tidak boleh berhenti terus mengingatkan,” pesan Darmansah.

Turut hadir saat pemusnahan, Ketua DPRK Abdya Nurdianto dan sejumlah unsur terkait lainnya, usai menggelar Apel Operasi Ketupat Seulawah 2023. (MAG)

Editor : DEP