Jendela Barsela

Amankan Arus Mudik Lebaran, Polres Aceh Jaya Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Seulawah

×

Amankan Arus Mudik Lebaran, Polres Aceh Jaya Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Seulawah

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Kepolisian Resor (Polres) Aceh Jaya gelar Apel pasukan Operasi Ketupat Seulawah 2023, di halaman polres setempat, Senin 17 April 2023.

Kapolres Aceh Jaya AKBP Yudi Wiyono menyampaikan, Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat.

ADVERTISEMENTS
BANNER

“Kegiatan ini juga merupakan wujud nyata sinergisitas Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka mengamankan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H,” ucap Yudi Wiyono.

Kita ketahui, bahwa kerja keras pada tahun lalu mendapatkan apresiasi dari masyarakat, terdapat 73, 8 persen masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam melaksanakan dan menyelenggarakan arus mudik tahun 2022.

“Penilaian positif ini harus jadi semangat sehingga pengamanan 2023 mampu dilaksanakan lebih baik,” katanya.

Terlebih lagi, Kemenkum RI memperkirakan bahwa potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85, 5 juta pada tahun 2022 menjadi 123, 8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44, 8 persen atau sekitar 48 juta orang.

LIHAT JUGA:   Pemkab Aceh Jaya Terima 68 Sertifikat Tanah Dari BPN

Dengan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa hati-hati tahun ini besar muatan masyarakat mudik dari 86 juta ke 123 juta dari survey, artinya apa kenaikan kurang lebih 45 persen, ini harus dihitung dan dikalkulasi dengan baik.

Karena itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 (empat belas), hari sejak 18 April sampai dengan 1 Mei 2023.

Foto : Kapolres Aceh Jaya, dan Sekda Teuku Reza Fahlevi, saat Apel Pasukan Operasi Ketupat Seulawah. (Ist)

“Operasi ini telah diawali dengan KRYD (Kegiaran Rutin ditingkatkan) sejak tanggal 10 sampai 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 hingga 9 Mei 2023.” Ungkap Yudi.

Operasi Ketupat ini, melibatkan kan 148 ribu 261, terdiri dari TNI Polri, dari ke Mentrian terkait BMPB, BMKG, BASAR NAS, PERTAMINA, JASA RAHAJA, JASA MARGA, SATPOL PP, DISHUB, DINKES, PRAMUKA dan mitra Kantitmas lainnya.

LIHAT JUGA:   Turnamen Semi Open KNPI Cup 2024 Digelar Di Kluet Utara

“Para forum tersebut akan mendapati 2787 pos dengan rincian 1857 pos pengamanan, 713 pos pelayanan dan 217 pos terpadu.”

Berbagai langkah dalam Operasi Ketupat 2023, diharapkan mampu berjalan dengan baik, sehingga kita dapat memastikan kelancaran hari raya Idul Fitri 1444 H, serta mewujudkan “Mudik yang Aman dan Berkesan” begitu pula pada saat arus balik.

Kata Yudi, guna mendukung pengamanan Operasi Ketupat di wilayah Aceh Jaya, Polres telah dirikan tiga pos, yakni Pos pelayanan di Pos Satlantas, Pos pengamanan di Kecamatan Jaya dan Kecamatan Teunom, dalam mendukung pelaksanaan pengamanan dan patroli di tempat jam – jam rawan kemacetan arus lalu lintas.

“Adapun personel gabungan dari TNI/Polri dan stakeholder terkait, turut dilibatkan dalam pengamanan Operasi Ketupat tahun ini,” tutup Kapolres Yudi. (MAG)

Editor : DEP