Jendela Ala

TNI-Polri Bersama Pemuda, Wujudkan Aceh Barat Cinta Pancasila

×

TNI-Polri Bersama Pemuda, Wujudkan Aceh Barat Cinta Pancasila

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Dalam rangka peringati Hari lahir Pancasila, ratusan Pemuda Aceh Barat bersama TNI-Polri melakukan konvoi menuju Makam Pahlawan Nasional, ke Desa Mugo,Kecamatan Panton Reu Kabupaten Aceh Barat, Rabu 1 Juni 2022 petang.

 

ADVERTISEMENTS
BANNER

Diketahui, touring kebangsaan digelar ini, ialah hasil gagasan dan garapan sejumlah pemuda berkolaborasi bersama TNI-Polri melibatkan 400 pemuda bergerak menuju makam Pahlawan Teuku Umar secara beramai-ramai.

Foto : Hari lahir Pancasila, ratusan Pemuda Aceh Barat bersama TNI-Polri melakukan konvoi menuju Makam Pahlawan Nasional Teuku Umar. (Reza/IGN)

 

Okta Rezayansyah, Ketua Pelaksana Kegiatan Touring Kebangsaan, mengaku rindu dengan kegiatan kebersamaan seperti ini. Sebab, tujuan kegiatan ini semata-mata untuk menciptakan kembali semangat juang pemuda dalam bingkai kebangsaan Indonesia, demi mewujudkan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

LIHAT JUGA:   Sejumlah Rumah Warga di Subulussalam Diterjang Banjir

 

“Hari ini, saya rasa kita sepakat bahwa Pancasila adalah dasar negara, sebagai pedoman berkehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” ucap Okta.

 

Kata dia, ini satu Kebanggaan terbesar kegiatan ini bisa terselenggara. Dan hari ini, para Pemuda Aceh Barat telah membuktikan bahwa mereka mencintai negara dengan ikut andil dalam memperingati hari Pancasila.

Foto : Konvoi itu dikawal pihak kepolisian guna pengamanan rute sepanjang lintas dilalui. (Ist)

 

Apalagi dalam kegiatan ini, ikut berafiliasi 75 lembaga. Baik itu club motor, mobil, Ormas, OKP dan Ormawa. Walaupun kondisi hujan, tidak mematahkan semangat teman-teman untuk memeriahkan hari lahir Pancasila.

 

“Terimakasih sebesar-besarnya kepada kapolres dan dandim yang sudah memberikan support selama ini kepada kami,” ucap Okta.

LIHAT JUGA:   Tiba Di Perbatasan, Balon Bupati Agara Fandi Sikel Disambut Riuh Simpatisan

 

Tempat sama, Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, menyebutkan pentingnya nilai-nilai Pancasila yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab hal itu merupakan dasar Negara Indonesia.

 

Start Touring Kebangsaan : 

 

Kata Pandji, kami siap bersama para pemuda mewujudkan Aceh Barat Pancasilais. “Hari ini TNI-Polri hadir bersama pemuda dan mahasiswa. Semua ikut larut dalam kebahagiaan memperingati hari lahir Pancasila, sehingga kegiatan dimaksud dapat menumbuhkan rasa kecintaan dan rasa memiliki terhadap falsafah ideologi dasar negara, yaitu Pancasila,” sebutnya.

 

Pengamatan IndonesiaGlobal, konvoi itu dikawal oleh kepolisian setempat guna pengamanan rute sepanjang lintas dilalui demi keselamatan bersama. Start dimukai dari Masjid Agung menuju makam Teuku Umar, dilanjutkan khatam Al-Qur’an, dan berdoa bersama untuk para pahlawan.***

 

MAG /Reza A. Latif Melaporkan

Editor : VID