Sabang

Tangani Bencana dan Cuaca Ekstream, BPBD Sabang: Kami Siap Siaga!

×

Tangani Bencana dan Cuaca Ekstream, BPBD Sabang: Kami Siap Siaga!

Sebarkan artikel ini

IG.NET, SABANG – Dalam Rangka Penanggulangan Bencana di wilayah Sabang,Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang menyatakan siap siaga untuk menangani dampak dari cuaca ekstrem di Kota Sabang.

“Sejauh ini, Kami terus lakukan siap siaga terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem saat ini. Seperti Banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang yang kerap terjadi di kala angin kencang dan curah hujan yang tinggi,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Sabang, Syarbini melalui Sekretaris, Harry Susethia, Jum’at 23 Desember 2022.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Lebih lanjut, Harry mengatakan dengan kekuatan 33 personel yang dibagi menjadi 3 regu, pihaknya selalu siap turun langsung melakukan penanganan yang terdampak bencana.Tentunya,BPBD juga telah menyiagakan 12 orang dalam piket harian, namun jika keadaan darurat pihaknya akan mengerahkan seluruh personel untuk turun ke lapangan.

Harry juga menyebutkan, dalam minggu ini, telah terjadi beberapa bencana karena angin kencang dan curah hujan tinggi, seperti banjir setinggi 50-130 cm yang menggenangi beberapa jurong di Balohan dan Paya Seunara. Selain itu, juga terjadi longsor dan pohon tumbang di beberapa lokasi, di Kota Sabang.

Selain itu, Sekretaris BPBD juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati serta menghindari daerah-daerah rawan bencana. Demi mengantisipasi hal-hal tersebut, salah satunya yaitu dengan cara mendapatkan informasi yang lebih banyak.

“Upaya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ditengah cuaca seperti ini, masyarakat Sabang harus lebih waspada, berhati-hati dan tanggap akan bencana serta langsung memberi laporan kepada kami jika terjadi bencana alam di sekitar, agar dapat segera ditangani. Jika angin kencang, hindari dan jaga jarak dari tiang-tiang listrik, baliho maupun pohon besar,” tutupnya.

Silvia melaporkan.
Editor: R M Adens

 

Jelang Ramadhan, Pemko Sabang Gelar Pasar Murah
Ekonomi

INDONESIAGLOBAL, SABANG – Jelang Ramadhan 1445 Hijriyah,Pemerintah Kota (Pemkot) Sabang, melalui Dinas Perindustrian Perdagangan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) menggelar…