Jendela Ala

Dua Keuchik Dilantik, Pj Nurdin Ingatkan Ini

×

Dua Keuchik Dilantik, Pj Nurdin Ingatkan Ini

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Penjabat Bupati Aceh Jaya, Dr. Nurdin, melantik dua keuchik Pergatian Antar Waktu (PAW) di kabupaten setempat. Periode 2018 – 2024, di Aula dinas DPMPKB, Senin 17 Oktober 2022.

Diketahui, dua keuchik dilantik tersebut, yaitu Marzuki, Keuchik Gampong Kuala kecamatan Indra Jaya dan Said Ajmi, Keuchik Gampong Babah Dua, Kecamatan Darul Hikmah Aceh Jaya.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Turut hadir, Plt Sekda Aceh Jaya, Kapolres, Kepala Bapedda, Kejari, Kepala Dinas DPMPKB, dan Staf Khusus Bupati Aceh Jaya serta pihak terkait lainnnya.

Pj Bupati Aceh Jaya mengatakan, keuchik mempunyai peran strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan di gampong.

Kata dia, dewasa ini semua hal akan bermuara di gampong. Baik berupa program penanganan kemiskinan, penurunan stunting, pemulihan ekonomi.

“Termasuk aktivitas pemerintahan, pembangunan, pembedayaan masyarakat akan mendarat digampong.” Maka dari itu posisi keuchik saat ini sebagai ujung tombak penyelenggaraan pemerintahan.

Kepada para keuchik, secara bertahap kita bersamassama membangun gampong menuju yang lebih baik dan modern. Paling tidak, dari sisi memperbaiki tata kelola agar lebih baik, kata Pj Bupati Aceh Jaya itu.

Dia mengingatkan, untuk para keuchik agar mengelola anggaran dana gampong dengan sebaik baiknya. “Begitu juga agar tidak menyalahgunakan wewenang serta tidak menyalahgunakan amanah dan kepercayaan diberikan masyarakat kepada kita,” harap dia.

Selain itu, Dr. Nurdin juga menyampaikan terkait pembentukan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) Bersama, sudah disepakati para keuchik Kabupaten Aceh Jaya pada Musyawarah Antar Gampong (MAG) Ke II, 28 September 2022 lalu.

Pembentukan BUMG Bersama ini, jelas Nurdin, bertujuan agar anggaran dan aset dapat dimiliki oleh gampong nantinya. “Dan BUMG Bersama ini harus berdiri secara mandiri dan transparan tanpa ada intervensi dari pihak manapun.”

Karena, berdasarkan ketentuan dan kajian teoritis, ekonomi suatu daerah tidak akan mungkin jalan tanpa ada pelaku ekonomi dan korporasi bergerak. “Tentunya dengan medorong BUMG Bersama, itu menjadi salahsatu pelaku usaha bisa mengerakan perekonomian masyarak Aceh Jaya,” harap Pj Nurdin.

 

Redaksi melaporkan