Jendela AlaKesehatan

Diduga Limbah Ayam Potong, Serbuan Lalat Mewabah : Warga Ngaku Resah

×

Diduga Limbah Ayam Potong, Serbuan Lalat Mewabah : Warga Ngaku Resah

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Masyarakat Gampong Fajar, Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya mengaku resah akibat serangan wabah lalat sejak sepekan terakhir, dinilai dapat membawa sumber penyakit.

Musdar salah satu warga setempat mengatakan, masyarakat mulai resah dengan serangan lalat ini. Takutnya bisa menjadi wabah penyakit bagi masyarakat. Katanya, kepada IndonesiaGoobal.Net, Selasa 1 November 2022.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Dia menjelaskan, serangan lalat ke pemukiman penduduk Gampong Fajar ini, diduga berasal dari salah satu kandang ayam potong berada di daerah itu.

Kata Musdar, ada laporan dari beberapa warga, salah satu penyebab tersebut berasal dari limbah kotoran ayam potong.

Namun hal itu, dikatakan dia belum bisa kita pastikan. Apakah benar berasal dari kotoran ayam potong ? Atau limbah lainnya?  Sebelum pihak Dinas Lingkungan Hidup kabupaten menyelidikinya, ucap Musdar.

“Jika permasalahan itu berasal dari kotoran ayam potong, maka dia meminta pemerintah untuk menyurati pun menegur pemilik, sehingga dapat mengelola usahanya lebih steril dan tidak membawa petaka bagi masyarakat sekitar.”

Kepada Pemerintah Aceh Jaya, dalam hal ini dinas terkait, dia pun berharap untuk dapat turun ke lokasi guna menyelidiki penyebab dari gangguan wabah lalat tersebut, pinta Musdar.

“Kami minta kepada pihak berwenang untuk mengecek ke lokasi agar tidak menjadi pencemaran lingkungan di Gampong Fajar. Kita hanya mau untuk bisa dicegah, sebelum wabah itummenjadi sumber penyakit.” Tegasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten, saat dihubungi melalui pesan WhatsApp. Hingga berita ini dimuat, belum memberi jawaban terkait konfirmasi serangan wabah lalat di Gampong Fajar tersebut.

 

MAG/ Mahlil melaporkan

Editor : DEP