Jendela AlaKesehatanNanggroe Aceh

RSUD Sahudin Kutacane Bakal Miliki Alat MRI

×

RSUD Sahudin Kutacane Bakal Miliki Alat MRI

Sebarkan artikel ini
RSUD Sahudin Kutacane Bakal Miliki Alat MRI
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Sahudin Kutacane di Kabupaten Aceh Tenggara. (Foto: Riko Hermanda/IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Sahudin Kutacane pada tahun 2025 mendatang dikabarkan akan mendapat hibah dari Kemenkes RI berupa alat Magnetic Resonance Imaging (MRI).

Diketahui, Magnetic Resonance Imaging atau biasa disebut dengan MRI, merupakan suatu alat pemeriksaan medis untuk menampilkan citra dari struktur rangka atau organ dalam tubuh pasien.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Direktur RSUD H. Sahudin Kutacane, dr. Bukhari, mengatakan, pada tahun 2025 mendatang akan mendapat hibah berupa alat MRI dari Kemenkes RI.

“Alhamdulillah pengusulan kita sudah disetujui oleh Kemenkes RI berupa alat MRI pada tahun 2025 mendatang dan saat ini kita sedang melengkapi beberapa administrasi,” kata Bukhari kepada IndonesiaGlobal, Selasa 2 Juli 2024.

Bukhari menyebutkan, untuk Rumah Sakit Tipe C di Provinsi Aceh, baru RSUD H. Sahudin Kutacane yang akan memiliki alat MRI tersebut.

LIHAT JUGA:   Empat Pria Diduga Pengedar dan Pembeli Sabu Ditangkap Polisi

“Dengan hadirnya alat MRI tersebut, nantinya ini akan menjadi tantangan tersendiri oleh pihak RSUD H. Sahudin Kutacane untuk menjaga dan merawat alat tersebut supaya tetap berfungsi dengan baik,” ucapnya.

Dikatakan, Bukhari, dikarenakan alat ini tergolong dalam kategori mahal, saya berpesan kepada petugas yang di tunjuk nanti, agar bisa mampu menjaga dan merawat alat ini, agar bertahan lama.

“Kelemahan kita selama ini, kita bisa mengadakan alat-alat penunjang yang mahal tersebut, tetapi untuk menjaga dan merawatnya kita tak pernah mampu,” ujarnya.

Bukhari mengungkapkan, selain alat MRI yang sudah di setujui oleh Kemenkes RI di tahun 2025, kita juga mendapatkan dana hibah 48 miliar di tahun ini.

LIHAT JUGA:   Kapolres Atim, Pantau Rapat Pleno PUSS Tingkat Kabupaten

Menanggapi pencapaian tersebut, Pengamat Pelayanan Kesehatan Aceh dan Kebijakan Publik, Nasrul Zaman menyampaikan, dengan kehadiran Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir saat ini, telah membuat semangat Direktur RSUD H. Sahudin bertambah semangat dalam membangun rumah sakit tersebut.

“Kita ketahui sebelumnya, RSUD H. Sahudin Kutacane sudah melakukan paripurna tipe c dan menambah berbagai alat kesehatan dengan bantuan Kemenkes Pusat. Sekarang RSUD H. Sahudin Kutacane sedang berupaya menjadi tipe B, sehingga bisa jadi rujukan warga Kabupaten Gayo Lues dan Tanah Karo,” ujarnya.

Nasrul Zaman berharap, dengan semangat dan tekad yang kuat tersebut, kita harus mendukung supaya RSUD H. Sahudin Kutacane menjadi layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat pada tiga Kabupaten di Aceh-Sumut ini. (MAG)

Editor: WAH