Nasional

Basuki: Istana Presiden di IKN Tuntas Pada Juli 2024

×

Basuki: Istana Presiden di IKN Tuntas Pada Juli 2024

Sebarkan artikel ini
Basuki: Istana Presiden di IKN Tuntas Pada Juli 2024
Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono. (Humas Polri)

INDONESIAGLOBAL, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan bahwa pembangunan Istana Presiden dan sejumlah gedung pemerintahan di Ibukota Nusantara (IKN) akan tuntas pada Juli 2024.

“Istana, Kantor Presiden, kantor-kantor menko, rumah jabatan menteri, rumah ASN 12 tower insyaAllah akan kita selesaikan pada Juli,” kata Menteri Basuki seusai memberikan pengarahan kepada para mahasiswa KKN-PPM UGM 2024 di Balairung UGM, Yogyakarta, Jumat 28 Juni 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Menurut dia, progres pembangunan Istana Presiden dan gedung-gedung pemerintahan, termasuk rumah ASN dalam bentuk tower tersebut hingga saat ini telah mencapai 82 persen.

LIHAT JUGA:   Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas 2024-2029 Ditutup

“Nanti 20 Juli semua akan kelihatan hasilnya. Sekarang lagi penyelesaian 82 persen,” kata dia.

Sementara itu, untuk proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN), kata Basuki, akan dilakukan setelah Agustus 2024 secara bertahap.

“Karena Agustus dipakai dulu fasilitasnya untuk Upacara Kemerdekaan Indonesia. Pasti (pemindahan) bertahap karena sangat sesuai dengan kesiapan infrastruktur,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI digelar IKN dan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Muhadjir mengatakan pelaksanaan upacara di IKN dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi dengan didampingi presiden terpilih Prabowo Subianto.

LIHAT JUGA:   Pendaftaran Calon Anggota Kompolnas 2024-2029 Ditutup

Sedangkan, Upacara HUT Ke-79 RI di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa yang menjadi alasan upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 digelar di dua lokasi, karena saat ini masih dalam masa transisi perpindahan dari Jakarta ke IKN.

Jokowi mengatakan jika sudah ada Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN maka upacara 17 Agustus 2025 akan digelar di IKN.

Sumber: Antara