Jendela BarselaNanggroe AcehPENDIDIKAN

Ratusan Siswa di Aceh Selatan Lulus di PTN Jalur SNBT

×

Ratusan Siswa di Aceh Selatan Lulus di PTN Jalur SNBT

Sebarkan artikel ini
Ratusan Siswa di Aceh Selatan Lulus di PTN Jalur SNBT
Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Selatan, Annadwi. (Dok Pribadi)

INDONESIAGLOBAL, ACEH SELATAN – 252 orang siswa SMA dan SMK di Kabupaten Aceh Selatan lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tahun 2024.

Dari jumlah 252, SMA Negeri 1 Tapaktuan mendominasi lulus di PTN, dengan jumlah 58 orang siswa.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Hal itu disampaikan Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Aceh Selatan, Annadwi kepada IndonesiaGlobal, Rabu 19 Juni 2024, usai menerima rekapitulasi hasil SNBT tahun 2024 dari masing-masing sekolah jenjang SMA dan SMK.

“Semua siswa yang lulus tersebut tersebar diberbagai PTN di Aceh seperti Universitas Syiah Kuala, Universitas Malikussaleh, Universitas Samudra, Universitas Teuku Umar, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politenik Kesehatan Aceh dan Universitas Islam Ar-Raniry,” sebut Annadwi.

LIHAT JUGA:   Pj Bupati Aceh Jaya, Terima Kunjungan Staf Presiden RI

Bahkan katanya, ada yang lulus di PTN luar Aceh, yakni Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Medan dan Universitas Negeri Padang.

“Kelulusan SNBT tahun ini sejumlah 252 orang meningkat dari tahun 2023 sejumlah 234 orang siswa,” kata Annadwi.

Dikatakannya, peningkatan lulusnya siswa di PTN tahun 2024 ini membuktikan motivasi belajar siswa semakin meningkat untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

Bukan saja motivasi dari siswa semata, namun kata Annadwi berkat arahan dari kepala sekolah, dewan guru dan dukungan dari orang tua siswa.

LIHAT JUGA:   Masyarakat Abdya, Deklarasi Dukung Bustami Sebagai Balon Gubernur Aceh

“Terima kasih atas kerja sama dari Kepala SMA dan SMK, seluruh dewan guru dan tendik, pengawas, komite sekolah dan semua stakeholders atas dukungan dan kerja sama yang selama ini terus terjalin dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di Aceh Selatan,” ucapnya.

Kacabdisdik mengharapkan, bagi siswa yang belum lulus dijalur SNBP dan SNBT, masih ada peluang satu lagi yaitu jalur Mandiri, namun jalur ini memang SPP nya lebih mahal.

“Namun walupun belum lulus di PTN, kampus swasta masih berpeluang besar menerima calon mahasiswa baru yang fasilitasnya tidak kalah dengan kampus negeri,” pungkas Annadwi. (MAG)

Editor: YUD