Jendela AlaNanggroe Aceh

Jalan Nasional Lintas Kutacane-Gayo Lues Amblas, Pengaman Jalan Hanya Polis Line

×

Jalan Nasional Lintas Kutacane-Gayo Lues Amblas, Pengaman Jalan Hanya Polis Line

Sebarkan artikel ini
Jalan Nasional Lintas Kutacane-Gayo Lues Amblas, Pengaman Jalan Hanya Polis Line
Angkutan Umum Saat Melintasi Jalan Nasional Kutacane (Aceh Tenggara) - Gayo Lues yang mengalami kerusakan Amblas di Desa Jongar Raya, Kecamatan Ketambe. (Riko Hermanda/IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Jalan Nasional lintas Kutacane-Gayo Lues mengalami kerusakan, hingga amblas setengah badan jalan.

Amatan IndonesiaGlobal, jalan penghubung Kutacane-Gayo Lues tersebut, terletak di Desa Jongar Raya, Kecamatan Ketambe, Aceh Tenggara.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Terlihat kondisi jalan masih rusak, hanya bisa dilewati satu jalur oleh pengendara, pada jalan yang rusak tersebut hanya di pasang polis line, tidak adanya pengaman lainnya seperti batas badan jalan guard rail atau pagar pengaman jalan untuk keamanan pengendara saat melalui jalan itu.

Sementara, di lokasi jalan amblas, ada pekerjaan proyek sekitar 20 meter dari lokasi jalan rusak.

Salah satu supir angkutan umum melintas, Ajuarsyah kepada IndonesiaGlobal, setiap hari mobil angkot dia bawa, selalu melintasi jalan rusak itu.

LIHAT JUGA:   Usai Berita "Modus Razia", Tayang, Ada Oknum Polisi Minta Cabut Berita

“Awalnya jalan amblas di ujung jalan, masih bisa dilalui dengan dua jalur, kini amblasnya sudah merambat ke bagian lainnya, sehingga ketika melintas, hanya bisa di lalui dengan satu jalur saja,” kata Ajuarsyah, Kamis 13 Juni 2024.

Ajuarsyah mengatakan, dirinya sangat khawatir ketika melintas jalan tersebut, dikarenakan pengaman jalan hanya diberi tulisan peringatan dan polis line, tidak ada pengaman badan di jalan amblas tersebut.

“Seharusnya ada pengaman seperti tembok dan pagar sementara, supaya dapat mengatui bahwa batas kendaraan melintas tidak boleh sampai mendekati pembatas tersebut, kalo tidak ada, takutnya ketika melintas pengendara terperosok ke jurang jalan yang amblas,” ujarnya

Ia juga menyebutkan, ketika malam hari tidak adanya penerangan di jalan rusak itu, dikhawatirkan dapat membuat pengendara tidak mengetahui adanya jalan rusak amblas tersebut.

LIHAT JUGA:   Diskominfo Kota Langsa, Terima Kunjungan Kepala LPP RRI Lhokseumawe

“Memang ada pekerjaan di sekitar jalan, tapi ia tidak mengatui pekerjaan untuk apa itu,” ucapnya

Ajuarsyah berharap, kepada pemerintah dan pihak BPJN Aceh untuk segera memperbaiki jalan amblas tersebut, dan membuat pengaman agar pengendara aman ketika melintas.

“Sebelum terjadi yang tidak diinginkan ke pengendara melintas, maka segera diperbaiki dan berikan pengaman jalan, suapaya pengendara tidak takut saat melalui jalan rusak amblas,” kata dia.

Terpisah, PPK 3.5 PJN WIL III BPJN Aceh, Jaya Yuliadi, saat dikonfirmasi, Kamis 13 Juni 2024 melalui pesan WhatsApp, terkait jalan rusak amblas dan pekerjaan di sekitar jalan itu belum memberikan keterangan resminya. Pun pesan tersebut terkirim centang dua. (MAG)

Editor: WAH