Jendela BarselaNanggroe Aceh

Dinas Pertanian dan Pangan Akan Pemeriksaan Hewan Qurban

×

Dinas Pertanian dan Pangan Akan Pemeriksaan Hewan Qurban

Sebarkan artikel ini
Dinas Pertanian dan Pangan Akan Pemeriksaan Hewan Qurban
Penjualan hewan sembelih di Aceh Barat Daya. (Dok IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ABDYA – Dinas pertanian dan pangan kabupaten Aceh Barat Daya, akan melakukan pemeriksaan hewan sembelih besok pada hari Jumat. Petugas pemeriksaan tersebar di setiap kecamatan.

Pemeriksaan itu dilakukan apabila ada pelaporan atau temuan di lapangan, kata Pelaksanaa Tugas (PLT) kepala dinas pertanian dan pangan Abdya Hendri Yadi melaui melalui kepala bidang peternakan Asma Juwita, Kamis 13 Juni 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kepada IndonesiaGlobal Asma Juwita menyebutkan, pemeriksaan hewan sembelih baik di perjual belikan ataupun qurban telah ada petugas pemantauan tersebar perkecamatan.

LIHAT JUGA:   Siap-siap! Satlantas Polres Atim Gelar Operasi Patuh Seulawah 2024

Kata dia, apabila ada temuan maupun laporan dari masyarakat atau pedagang makan petugas akan datang untuk melakukan pemeriksaan pada hewan itu.

Asma menambahkan, untuk pemeriksaan kesehatan hewan ada dua tahapan. Di mulai dari ante mortem yang merupakan pemeriksaan hewan dilakukan sebelum hewan di sembelih dalam waktu 24 jam, hingga post mortem pemeriksaan hewan yang dilakukan setelah disembelih.

LIHAT JUGA:   Tiga Rumah Warga di Agara, Ludes Terbakar

Jumlah pemotongan hewan ternak sapi, kerbau, kambing dan domba pada hari qurban 1445 H tahun 2024 di kabupaten Aceh Barat Daya, Sapi 131 ekor, kerbau 239 ekor, kambing 287 ekor dan domba 342 ekor, demikan. (MAG)

Editor: WAH