Banda AcehNanggroe Aceh

392 Jemaah Haji Kloter Empat Asal Pidie, Tiba Di Tanah Suci

×

392 Jemaah Haji Kloter Empat Asal Pidie, Tiba Di Tanah Suci

Sebarkan artikel ini
392 Jemaah Haji Kloter Empat Asal Pidie, Tiba Di Tanah Suci
Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Drs H Azhari MSi, terkait tibanya Kloter empat Embarkasi Aceh di tanah suci. (Foto : Humas PPIH Aceh)

INDONESIAGLOBAL, BANDA ACEH – Guna menunaikan pelaksanaan Rukun Islam kelima, Jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) empat, Embarkasi Aceh (BTJ-04) tiba di Arab Saudi, Ahad 2 Juni 2024.

Sementara, para jemaah diberangkatkan dengan maskapai Garuda Indonesia yang membawa 392 jemaah asal Kabupaten Pidie, mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Hal itu dikatakan, Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, Drs H Azhari MSi, kepada awak media.

Azhari menjelaskan, bahwa dengan tibanya kloter empat tersebut. Maka, jemaah Aceh yang sudah berada di Tanah Suci, sekira 1.571 orang.

Selama di Mekkah, imbuhnya, jemaah haji yang berasal dari Provinsi Aceh, menempati Hotel Loulouat Al Mashaer.

“Alhamdulillah semua jemaah Aceh yang tiba di tanah suci dalam kondisi sehat wal afiat”

LIHAT JUGA:   Tiga Alumni Babun Najah Raih Gelar Sarjana di "Kota Seribu Wali" Yaman

“Kita juga terus melakukan pemantauan, terhadap kondisi terkini dari para jemaah, sebelum melakukan Rukun Ibadah Haji” kata Azhari.

Di sisi lain, Azhari meminta para jemaah, untuk menjaga kesehatan selama di tanah suci, terlebih lagi untuk saat ini, cuaca dan kondisi di Mekkah dangat panas.

Oleh sebab itu, Azhari meminta jemaah untuk mebiasakan mengkonsumsi air, meskipun dalam jumlah sedikit.

“Jemaah juga kita ingatkan untuk beristirahat secara teratur, serta menjaga pola makan yang cukup,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu pula, Azhari mengatakan, jika jemaah haji Aceh kloter satu, sudah menerima pembagian dana wakaf Baitul Asyi yang diserahkan oleh Pengelola Wakaf Syeikh Abdul Latif Baltou, Sabtu 1 Juni 2024.

LIHAT JUGA:   Panwaslihcam Ajay di Buka, Berikut Jadwalnya

Untuk diketahui, Wakaf Baitul Asyi merupakan wakaf yang diberikan oleh Habib Abdurrahman bin Alwi, atau lebih dikenal dengan panggilan Habib Bugak Asyi, dikhususkan untuk jemaah haji asal Aceh.

Adapun, Wakaf produktif ini dikelola Baitul Asyi, berupa hotel dan perumahan di sekitar Masjidil Haram.

Selain itu, untuk tahun ini, setiap jemaah Aceh mendapat 1.500 riyal atau setara Rp 6,5 juta dari pembagian wakaf tersebut, serta jumlah pembagiannya masih sama dengan tahun lalu.

Kekinian, Azhari MSI, selaku Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Aceh, berharap semoga pelaksanaan ibadah haji pada tahun ini dapat berjalan lancar, serta jemaah yang telah melaksanakan Rukun Haji menjadi haji yang mabrur, demikian. (MAG)

Editor: RAH