Jendela AlaNanggroe Aceh

Pemkab Agara Peringati Harlah Pancasila 2024

×

Pemkab Agara Peringati Harlah Pancasila 2024

Sebarkan artikel ini
Pemkab Agara Peringati Harlah Pancasila 2024
Peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Jendral Ahmad Yani, Desa Kota Kutacane, Kecamatan Babusalam, Aceh Tenggara. (Foto: Riko Hermanda/Indonesiaglobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara (Agara) menggelar upacara memperingati hari lahir Pancasila tahun 2024.

Kegiatan tersebut, dilaksanakan di lapangan Jendral Ahmad Yani, Desa Kota Kutacane, Kecamatan Babusalam, Aceh Tenggara, Sabtu 1 Juni 2024, dipimpin langsung Dandim 0108/Agara, Letkol Czi Arya Murdyanto.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Dalam amanat upacara, Letkol Czi Arya Murdyanto membacakan arahan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

Arahan tersebut berbunyi, “kita memperingati hari lahir pancasila, hari ketika bung Karno, sebagai proklamator kemerdekaan, pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Peneyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan harlah pancasila tahun ini bertemakan “Pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju indonesian emas 2045” yang mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

LIHAT JUGA:   Pj Bupati Simeulue, Launcing Internet Statelit

Letkol Czi Arya menjelaskan, bahwa dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di manapun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai meja statis.

“Pancasila terbukti mampu mepersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi,” ujarnya.

LIHAT JUGA:   Satu Rumah Berkonstruksi Kayu Ludes Terbakar di Agara

Letkol Czi Arya juga menegaskan, bahwa pancasila harus senantiasa kita jiwai dan kita pedomani agar menjadi ideologi yang berkerja, yang dirasakan kehadiranya dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indonesia.

Pantauan IndonesiaGlobal, upacara peringatan hari lahir pancasila berjalan dengan hikmat.

Sebagai Komandan upacara Kapten Infantri Sadriadi dan Sebagai Perwira upacara Kapten Iraswan.

Turut dihadiri, Dandim 0108/Agara, Letkol Czi Arya Murdyanto, Perwakilan Kapolres, Perwakilan Kajari, Ketua Pengadilan Ade Yusuf, Ketua MAA, Thalib Akbar, Ketua Mahkamah, Syar’iyah T. Swandi, Perwakilan MPU, Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh Dan Kesejahteraan, Muhammad Ridwan, Asisten Administrasi Umum, Jamanuddin, Para Kepala OPD, Camat, Anggota TNI-Polri, perwakilan ASN, Pelajar dan Mahasiswa. (MAG)

Editor: WAH