Jendela PantimuraNanggroe AcehWartawan

Zikri dan Muzakir Terpilih Pimpin AJI Lhokseumawe 2024-2027

×

Zikri dan Muzakir Terpilih Pimpin AJI Lhokseumawe 2024-2027

Sebarkan artikel ini
Zikri dan Muzakir Terpilih Pimpin AJI Lhokseumawe 2024-2027
Ketua AJI Indonesia, Nany Afrida terkait terpilihnya paslon Zikri-Muzakir menjadi Ketua dan Sekretaris AJI, periode 2024- 2027. (Foto Humas Polres Lhokseumawe)

INDONESIAGLOBAL, LHOKSEUMAWE – Pasangan Zikri Maulana, merupakan jurnalis Kompas TV dan Muzakir Nurdin, jurnalis Beritasatu TV, terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Lhokseumawe periode 2024 hingga 2027.

Diketahui pasangan Zikri-Muzakir, meraih suara terbanyak dari hasil pemungutan suara dalam Konferensi Kota (Konferta) VIII AJI Lhokseumawe yang digelar di Lido Graha Hotel, kota setempat, kata Ketua Umum AJI Indonesia, Nany Afrida, Ahad 26 Mei 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Nany menjelaskan, dipimpin pimpinan sidang, yakni M. Agam Khalilullah, Agustiar, dan Bambang Iskandar Martin. Pemilihan Ketua dan Sekretaris baru AJI Lhokseumawe, diawali pengusulan nama bakal pasangan calon (paslon) oleh para peserta Konferta VIII.

“Nama- nama yang diusulkan adalah pasangan Zikri-Muzakir. Kemudian pasangan Mulyadi dari Habaaceh.id bersama Sarina dari AJNN.net”

“Mereka menyatakan bersedia untuk dicalonkan, sehingga pimpinan sidang menetapkan dua paslon sebagai kandidat Ketua dan Sekretaris,” ungkap Nany.

Selanjutnya, dalam kegiatan pemilihan tersebut, paslon nomor urut satu (Zikri-Muzakir) dan nomor urut dua (Mulyadi-Sarina), menyampaikan visi dan misi di depan peserta konferta.

LIHAT JUGA:   Kunker DPRD Pematangsiantar, Sambangi Diskominfo Kota Langsa

Setelah itu, lanjutnya, dilakukan pemungutan suara secara tertutup. Lalu, dari 26 anggota AJI Lhokseumawe yang memiliki hak suara, 23 pemilih menggunakan hak pilihnya. Hasilnya, pasangan Zikri-Muzakir meraih 17 suara, kemudian pasangan Mulyadi-Sarina, memperoleh tiga suara, dan tiga suara lainnya dinyatakan tidak sah.

Oleh karena itu, pimpinan sidang kemudian menetapkan pasangan Zikri-Muzakir sebagai paslon terpilih.

“Dalam Konferta VIII itu juga terpilih Irmansyah, Masriadi Sambo, dan Saiful Bahri sebagai anggota Majelis Etik dan Peradilan Organisasi (MEPO), serta Jafaruddin, Al Bara Maulana, dan Zulfikri Yasin menjadi anggota Majelis Pertimbangan dan Legislasi (MPL) AJI Lhokseumawe, periode 2024 hingga 2027″

“Saya juga berharap, kita dapat bersama- sama menghadapi tantangan ke depan. Di antaranya, saat ini kita fokus pada advokasi, untuk menolak revisi UU Penyiaran,” ujar Nany.

Selain itu, Nany kembali mengingatkan, agar seluruh anggota AJI Lhokseumawe, dapat menaati Kode Etik dan Kode Perilaku AJI.

LIHAT JUGA:   Diduga Pelaku Pelecehan Seksual Anak Bawah Umur, Diringkus Polres Langsa

“Saya ingin teman- teman menjaga sikap, termasuk pada momen Pilkada 2024 ini. Hak yang paling penting, adalah sikap independen yang menjadi ciri AJI”

“Kita harus bisa tetap independen. Boleh yang akan maju menjadi kepala daerah itu teman, saudara atau kerabat. Tapi posisi kita tetap, yaitu tidak memihak terhadap paslon manapun,” tuturnya.

Tempat sama, Ketua AJI Lhokseumawe terpilih, Zikri Maulana mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen untuk memperjuangkan kebebasan pers, serta mengedepankan Tripanji AJI, agar dapat mengawal informasi publik secara berimbang.

“Intinya kami akan melanjutkan program- program kepengurusan AJI sebelumnya dan beberapa program baru, nantinya” kata Zikri

Kekinian, Zikri berkeinginan dalam menjalankan kepengurusan yang baru, semua pihak, khususnya keluarga besar AJI Lhokseumawe, dapat mendukung semua program yang akan dilaksanakan.

“Sehingga harapan dan apa yang di citakan oleh AJI dapat tercapai,” pungkasnya. (MAG)

Editor: RAH