Jendela AlaNanggroe AcehPilkada

KIP Agara Rampungkan Tahap Wawancara Calon PPS Pilkada 2024

×

KIP Agara Rampungkan Tahap Wawancara Calon PPS Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
KIP Agara Rampungkan Tahap Wawancara Calon PPS Pilkada 2024
Komisioner KIP Aceh Tenggara, Hakiki Wari Desky usai lakukan wawancara di Kantor Kecamatan Babussalam. (Riko Hermanda/IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tenggara, akan menyelesaikan tahap seleksi wawancara untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Komisioner KIP Aceh Tenggara, Hakiki Wari Desky, mengatakan tahapan wawancara untuk calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di gelar selama tiga hari dimulai sejak 21 hingga 23 Mei 2024 di Kantor Kecamatan wilayah masing-masing peserta.

ADVERTISEMENTS
BANNER

“Alhamdulillah, wawancara calon PPS Pilkada Aceh Tenggara berjalan tertib dan lancar hingga hari terakhir,” ungkap Wari Desky kepada IndonesiaGlobal, Kamis 23 Mei 2024.

Setiap Komisioner di KIP Agara bersama dengan staf sekretariat dan PPK, membantu kelancaran pelaksanaan seleksi wawancara di setiap kecamatan.

LIHAT JUGA:   Remaja di Ranto Peureulak Aceh Timur, Tenggelam

“Kami bekerja sangat ekstra, meskipun sangat melelahkan namun bekerja dengan penuh semangat,” ujarnya.

Wari Desky mengatakan, pada hari terakhir sesi wawancara calon anggota PPS digelar di lima Kecamatan, yaitu Kecamatan Lawe Sumur, Babul Makmur, Ketambe, Babul Rahmah dan Babusalam.

“Sebanyak 1.945 peserta calon anggota PPS yang mengikuti wawancara, nantinya akan dijaring menjadi 1.155 orang, setiap desa di isi tiga orang petugas PPS untuk pilkada 2024,” terangnya.

Wari menjelaskan, dalam tes wawancara terdapat sejumlah pertanyaan untuk peserta. Di antaranya, materi kepemiluan, kepilkadaan, orientasi masing-masing wilayah desa, kode etik penyelenggaraan Pemilu, hingga rekam jejak masing-masing calon anggota PPS.

LIHAT JUGA:   Polisi Tahan Eks Pimpinan Bagian Kredit Bank Mandiri

“Dengan proses seleksi berintegritas, transparan, dan akuntabel, kami optimis PPS terpilih mampu bekerja secara profesional,” ungkapnya

Selanjutnya, setelah seleksi wawancara, akan dilakukan pengumuman kelulusan pada 24 sampai 25 Mei 2024, dan dilanjutkan pelantikan pada 26 Mei 2024. “Dengan proses seleksi berpedoman pada integritas tinggi dan transparansi, diharapkan PPS terpilih dapat memberikan kontribusi terbaiknya dalam melaksanakan tugas pada semua tahapan Pilkada tahun 2024,” kata dia. (MAG)

Editor: WAH