Jendela AlaNanggroe Aceh

Juredah Guru di Agara, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa

×

Juredah Guru di Agara, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa

Sebarkan artikel ini
Juredah Guru di Agara, Terima Penghargaan Perempuan Berjasa
Juredah Bersama Pj. Bupati Aceh Tenggara, Syakir, Kadis Dikbud Agara, Julkifli dan Kepala DPPKB Agara, Budi Afrizal. (Foto: Riko Hermanda/IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, ACEH TENGGARA – Juredah salah satu warga Aceh Tenggara mewakili Aceh menerima penghargaan perempuan berjasa peduli pendidikan dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM).

Penghargaan itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke-52 bersamaan dengan peringatan Hari Kartini tahun 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Penghargaan bergengsi Tingkat Nasional tersebut diberikan langsung Oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Kamis 16 Mei 2024.

“Kami menyampaikan apresiasi atas penghargaan dan prestasi yang diraih Juredah, salah satu perempuan di Aceh Tenggara yang berjasa dalam bidang pendidikan berdasarkan usulan dari Dinas Dikbud dengan dilakukan penilaian oleh tim Dikbud dan bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak DPPKB Aceh Tenggara,” kata Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir kepada IndonesiaGlobal, Senin 20 Mei 2024.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyebutkan, atas penghargaan ini dapat memotivasi abdi negara lainnya untuk semakin meningkatkan pengabdian dan dedikasi mereka kepada masyarakat, terutama masyarakat di daerah terpencil.

LIHAT JUGA:   Pj Bupati Simeulue, Launcing Internet Statelit

Kepala Disdikbud Agara, Julkifli menyampaikan rasa bahagianya atas prestasi yang diraih Juredah, salah satu tenaga pendidik di daerah pedalaman di Kecamatan Leuser tersebut.

“Juredah sudah cukup lama berkiprah dalam dunia pendidikan di daerah Pedalaman yaitu Desa Ukhat Peseluk Kecamatan Leuser dan hingga sekarang masih aktif mengajar di SD Swasta Leboh Kabo,” sebutnya

Julkifli mengatakan, Juredah sendiri mulai berkiprah pada tahun 1994 dengan merintis Rumah Belajar Leboh Kabo di daerah pedalaman leuser tepatnya di Desa Ukhat Peseluk, Kecamatan Leuser, Kabupaten Aceh Tenggara dengan siswa berjumlah 30 sampai 50 orang yang berasal dari penduduk sekitar.

Dengan memanfaatkan tanah milik masyarakat yang didirikan bangunan secara swadaya berdindingkan papan dan berlantaikan tanah. Kegiatan belajar dan mengajar terlaksana hingga tahun 1997.

Lanjutnya, Juredah juga membentuk Kelompok Belajar Anak Pedalaman Leuser di Desa Ukhat Peseluk Tahun Tahun 2000 sampai 2002 dan pada Tahun 2003 sampai 2006 mendirikan Sekolah Dasar Swasta Leboh Kabo bersama dengan sang suami. “setelah itu Juredah aktif mengajar di Sekolah Dasar Swasta Leboh Kabo Kecamatan Leuser hingga tahun 2016.”

LIHAT JUGA:   Satu Rumah Berkonstruksi Kayu Ludes Terbakar di Agara

“Pada tahun 2018 Juredah ditunjuk sebagai Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Swasta Leboh Kabo sampai dengan saat ini,” ujarnya

Julkifli menambahkan, keseharian beliau selain sebagai pengajar beliau juga aktif sebagai kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) di Desa Ukhat Peseluk, Kecamatan Leuser, Aceh Tenggara mulai tahun 2022 hingga saat ini.

Sementara itu, Kepala Dinas PPKB Aceh Tenggara, Budi Afrizal menjelaskan, penghargaan ini dinilai oleh Provinsi Aceh melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dengan beberapa kriteria dan persyaratan.

“Kita mengusulkan ibu Juredah melihat dari kiprahnya yang gigih dibidang pendidikan di daerah pedalaman Aceh Tenggara,” ujarnya

Penghargaan tersebut diberikan setiap tahunnya bagi perempuan yang berjasa dan berprestasi untuk setiap Provinsi melalui Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM).

“Dengan pemberian penghargaan ini, semoga dapat menjadi upaya untuk mendorong kinerja dan memotivasi perempuan agar berperan aktif dan mengabdi kepada Masyarakat sehingga terus menginspirasi bagi perempuan lainnya.” pungkasnya. (MAG)

Editor: RAH