Nasional

BPK Disorot Karena Kasus Suap Demi Opini WTP

×

BPK Disorot Karena Kasus Suap Demi Opini WTP

Sebarkan artikel ini
BPK Disorot Karena Kasus Suap Demi Opini WTP
Gedung BPK RI. (Foto Liputan 6)

INDONESIAGLOBAL – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mendapat sorotan publik setelah salah satu auditornya meminta uang “pelicin” hingga Rp12 miliar ke Kementerian Pertanian (Kementan) demi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (OTP).

Hal itu terungkap dalam sidang korupsi eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Selain itu, PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang pernah memberikan uang Rp10 miliar untuk mendapatkan opini WTP untuk proyek Jalan Tol Sheikh Mohammed bin Zayed (MBZ) Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevatd Ruas Cikunir-Karawang Barat.

LIHAT JUGA:   Tak Perlu ke Samsat, Ini Cara Cek Plat Kendaraan Online

WTP atau unqualified opinion​ adalah opini audit yang dikeluarkan oleh BPK terkait pengelolaan anggaran suatu kementerian/lembaga pemerintah (K/L).

Dikutip dari laman BPK, WTP menyatakan bahwa laporan keuangan entitas yang diperiksa, menyajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan, hasil usaha, dan arus kas entitas tertentu sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

LIHAT JUGA:   Tak Perlu ke Samsat, Ini Cara Cek Plat Kendaraan Online

Opini WTP menjadi impian seluruh institusi pusat mapun daerah karena dengan opini WTP, institusi yang besangkutan bisa mengekspresikan akuntabilitasnya sebagai entitas kepada para stakeholder-nya (masyarakat).

Adapun pimpinan BPK, terdiri dari satu ketua, satu wakil ketua, dan delapan anggota.

Sumber: Idntimes