Jendela Sabang MeraukePolitik

DPD PAN Kepulauan Tanimbar, Serahkan Formulir Dua Calkada

×

DPD PAN Kepulauan Tanimbar, Serahkan Formulir Dua Calkada

Sebarkan artikel ini
DPD PAN Kepulauan Tanimbar, Serahkan Formulir Dua Calkada
DPD PAN Kabupaten Kepulauan Tanimbar, serahkan formulir pendaftaran dua bakal calon (Balon) bupati. (Dok DPP PAN Tanimbar)

INDONESIAGLOBAL, TANIMBAR – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), menyerahkan formulir pendaftaran dua Bakal Calon (Balon) Bupati.

Antaranya, Petrus Fatlolon dan Hendrik Jauhari Oratmangun, di Sekretariat DPD PAN, Jalan Poros Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Rabu 17 April 2024.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Ketua DPD PAN Erens Y Feninlambir, ditemui bersama Tim penjaringan, menyebutkan pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati itu, terhitung sejak Minggu 7 April, hingga 7 Mei 2024, selama 30 hari dan itu sesuai intruksi DPW.

Kata dia, pembukaan pendaftaran atau penjaringan ini, merupakan program partai membuka diri dan memberikan kesempatan kepada calon bupati dan wakil bupati maju menjadi kepala daerah pada Pilkada 2024.

“Penjaringan ini terbuka untuk umum, baik itu kader partai pun non kader PAN. Artinya, siapapun orangnya, kita terbuka menerima pendaftarannya,” jelas dia, menyampaikan nantinya calon – calon telah mendaftar itu akan diseleksi serta akan di lakukan survei.

Sebab, pihaknya menginginkan calon diusung menang. Mengingat PAN, merupakan partai pemenang pertama pada Pileg kemarin untuk tingkat DPR RI, yaitu perwakilan Maluku (Widya Pratiwi Murad), istri dari Gubernur Maluku Murad Ismail.

Erens menyebutkan, pihaknya telah sukses di Pileg, dan kami juga berkeinginan sukses di Pilkada mendatang.

Sebab itu, ia menyatakan kami lebih selektif dalam menyeleksi calon-calon mendaftar di Partai Amanat Nasional. Selain itu, seleksi dan survei dilakukan bertujuan sebagai bahan laporan ke DPW dan DPP guna mengeluarkan rekomendasi siapa calon tepat akan diusung.

Kata Erens, berdasarkan instruksi DPP, kita memberikan rekomendasi bagi calon berpeluang besar untuk menang pada Pilkada.

Alasannya, kami tidak ingin nantinya rekomendasi dikeluarkan kepada calon, yang kecil peluang menangnya, kata dia.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan Hokbi Fordatkosu menambahkan, selain formulir sudah diserahkan dua bakal calon bupati dengan beberapa syarat tertentu, ada pakta integritas ikut dilampirkan.

Tujuannya, guna menjadi ikatan kepada calon mendapat rekomendasi nantinya. “Pakta integritas ini dibuat, berdasarkan banyak pengalaman selama ini terjadi di musim politik (Pilkada) usai mendapatkan rekomendasi serta dukungan penuh partai, namun setelah berhasil sebagai pemenang pemilu lupa dengan partai pengusung tertentu,” beber dia.

Kata Hokbi, selain dua bakal calon sudah mengambil formulir pendaftaran, Tim Penjaringan siap melayani sepenuh hati, sekaligus memberikan peluang bagi para calon berikut mulai pukul, 09.00, hingga 14. 00 WIT, demikian.

Editor: VID