BANNER
JakartaPWI

Perdana, PWI Jakarta Utara Ziarah Kubur ke Makam Tokoh Pers Nasional

×

Perdana, PWI Jakarta Utara Ziarah Kubur ke Makam Tokoh Pers Nasional

Sebarkan artikel ini
Perdana, PWI Jakarta Utara Ziarah Kubur ke Makam Tokoh Pers Nasional
Pengurus PWI Jakarta Utara ziarah kubur ke salah satu makam Tokoh Pers Nasional, Alm, Sofyan Lubis di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore 10 November 2023. (Foto : IndonesiaGlobal)

INDONESIAGLOBAL, JAKARTA – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jakarta Utara menggelar ziarah kubur ke salah satu makam Tokoh Pers Nasional, Alm, Sofyan Lubis di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat sore 10 November 2023.

Ziarah kubur ini sebagai giat dalam memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada tanggal 10 November. Ziarah ke makam Mantan Ketua PWI Pusat periode 1993-1998 diawali dengan doa yang dipimpin oleh Tgk. Muslyadi.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Dalam kesempatan ini, Sekretaris PWI Jakarta Utara, Sunarno mengungkapkan bahwa giat ziarah kubur ini merupakan yang pertama dilakukan. Ini suatu momentum dalam mengenang jasa para pahlawan yang telah berpulang menjemput takdir.

“Alm merupakan wartawan Senior sosoknya begitu menginsiprasi dan memberikan teladan yang baik. Oleh sebabnya, jejaknya harus dikenang dan diingat dalam membesarkan dan memajukan Organisasi PWI,” tuturnya.

Senada, Penasehat PWI Jakut, Agung Adiyanto Lesmono membeberkan alasan memilih makam Alm Sofyan Lubis sebagai ziarah kubur perdana pengurus PWI Jakarta Utara lantaran sosoknya begitu berpengaruh dalam kemajuan Organisasi pers tertua di Tanah Air.

“Awalnya giat ziarah kubur ini kita canangkan bersama, dan diterima oleh para pengurus PWI Jakarta Utara. Kebetulan, sosok Alm Sofyan Lubis sangatlah berperan dalam mengembangkan Pers tanah air. Untuk itu, kami akan memanjatkan doa agar almarhum tenang berada di sisi Tuhan yang maha kuasa dan diterima segala amal kebaikannya,” ucapnya

Diharapkan, ziarah ke makam pahlawan bisa menjadi pengingat sejarah perjuangan pahlawan dalam membawa kemerdekaan yang saat ini nikmatnya dirasakan oleh semua insan.

“Melalui ziarah ini banyak peristawa-peristiwa penting yang bisa kita sampaikan. Sebab, pahlawan tak hanya dari kalangan militer saja, tapi juga ada dari kalangan wartawan,” Jelasnya

Apresiasi dari Keluarga

Putra kedua dari Almarhum Sofyan Lubis, Ajie Lubis menyampaikan terima kasih kepada rombongan PWI Jakarta Utara yang menyempatkan berziarah ke makam ayahnda. Baginya, ini bentuk apresiasi luar biasa.

“Kami merasa terharu, dan ini bentuk penghormatan luar biasa.Terima kasih sudah mau mendoakan almarhum ayahnda Sofyan. Tak pernah seorangpun dari organisasi PWI yang berkunjung,” ungkapnya

Dikatakannya, ini cikal bakal untuk mengingat pendahulu. Apalagi awal meniti karir sampai akhir hayatnya, sosok beliau sangat kental darah kewartawanannya. “sampai akhir wafatnya pun masih menulis. Semoga segala kebaikan dibalas oleh allah,” tandasnya

Sebagai informasi, pengurus PWI Jakarta Utara juga menziarahi makam jurnalis Indonesia yang aktif pada masa Orde Baru yakni Harmoko. Selanjutnya, rombongan menutup ziarah kuburnya ke Makam Pendiri Kompas Gramedia, Jakoeb Oetama.

Informasi yang dihimpun, sosok Alm Sofyan Lubis terpilih sebagai Ketua Umum (1993-1998). Dirinya dikenal Khatam Berbagai persoalan pers maupun organisasi PWI. Kehadirannya kala itu selalu ditunggu-tunggu dalam rapat PWI. Sebab, ia sering kali menjadi juru penerang untuk topik-topik yang kerap diperdebatkan peserta rapat. Pengabdiannya di dunia pers tidak pernah berhenti. Bahkan diakhir hayat pun dirinya masih sibuk dengan menulis.

Turut hadir dalam ziarah kubur, Penasehat PWI Jakut, Agung A Lesmono, Sekretaris PWI Jakut, Sunarno, Wakil Sekretaris, Johan, Bendahara PWI Jakut, Cardi Santoso, Ketua Bidang Humas PWI, Rahmat Mauliady, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga, Trias, dan Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi Keanggotaan, Kalaus Naibaho. (MAG)

Editor: YUD