Jendela Ala

MTQ Kabupaten Agara, Kecamatan Semadam Juara Umum

×

MTQ Kabupaten Agara, Kecamatan Semadam Juara Umum

Sebarkan artikel ini
Foto : Plt Sekda Aceh Tenggara, Yusrijal ST menyerahkan piala kepada Camat Semadam, didampingi Kadis Syariat Islam. (Pardi/ IndonesiaGlobal)

IG.NET, ACEH TENGGARA – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-39 tingkat Kabupaten Aceh Tenggara telah usai.

Acara penutupan berlangsung meriah dan ditunggu-tunggu para pemenang, salah satunya Kecamatan Semadam yang meraih juara umum.

Putusan pemenang berdasarkan dewan hakim itu, dibacakan Kordinator Haji Alimudin dalam daftar juara kegiatan MTQ ke-39 tahun 2023, di Stadion Pemuda, Jumat 11 Agustus 2023, pukul 17.30 WIB.

Berdasarkan informasi dihimpun, Kecamatan Semadam berhasil menyabet juara umum di MTQ tingkat kabupaten 2023 itu, total nilai sebanyak 83 point. Diikuti Kecamatan Badar urutan dua, dan urutan tiga ada Kecamatan Tanoh Alas.

Kata M Iqbal Selian, Ketua Panitia juga Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tenggara, seluruh rangkaian cabang kafilah dilombakan semua sudah terlaksana.

“Alhamdulilah,” Sebanyak 507 orang peserta atau kafilah telah mengikuti MTQ ini dan berakhir meriah. “Seluruh rangkaian diperlombakan sudah terlaksana,” sebutnya.

Kepada panitia, lanjut Iqbal dapat menseleksi tilawah quran untuk diutus mengikuti MTQ tingkat Provinsi Aceh, nantinya akan digelar di Kabupaten Simeulue pada November 2023 mendatang.

“Untuk itu, kepada para kafilah mendapatkan juara tingkat kabupaten, secepatnya melengkapi persyaratan diminta panitia,” katanya.

Sebab, waktu sudah sangat singkat, hanya sampai tanggal 15 Agustus. Dia berharap agar para peserta tetap semangat dan dapat memberikan yang terbaik di ajang MTQ tingkat provinsi, imbuhnya kepada IndonesiaGlobal usai acara.

Sementara Yusrijal, Pelaksana Tugas (PLT) Sekda Aceh Tenggara, mewakili Pj Bupati Syakir bersyukur, kegiatan MTQ tingkat kabupaten dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Menurut dia, kesuksesan acara ini tidak terlepas dari peran beberapa pihak berpartisipasi aktif untuk menggelar MTQ tingkat kabupaten, “Sehingga berjalan tertib dan terkendali,” tuturnya.

Masih menurut Plt Sekda Aceh Tenggara itu, MTQ merupakan ajang kompetisi, “Dimana ada yang menang dan kalah.”

Kata dia, kalah dan menang dalam sebuah kompetisi, “Itu merupakan hal lumrah.” Sebab, prestasi diperoleh tersebut, berbanding lurus dengan usaha kita lakukan. “Siapa bersungguh-sungguh, maka dia akan memperoleh kesuksesan,” katanya.

Dia pun berharap, hasil MTQ di Aceh Tenggara dapat menjadi motivasi para Kafilah untuk terus meningkatkan prestasi.

Bagi kafilah belum beruntung, jangan putus asa dan patah semangat, pesan dia “Kegagalan ini harus dijadikan sebagai bahan evaluasi diri untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan,” sehingga ketika ada perlombaan kembali bisa tampil lebih baik dan mendapatkan prestasi membanggakan, harapnya.

Selain itu, Yusrijal menegaskan bagi pemenang Kafilah agar membina kafilah meraih juara. “Sebab, mereka nantinya menjadi perwakilan Aceh Tenggara di MTQ tingkat Provinsi Aceh.”

Sehingga kafilah akan mengikuti MTQ tingkat provinsi, bisa lebih matang dan kompetitif, pintanya. “Kita berharap nantinya Aceh Tenggara mendapatkan peringkat dan prestasi di provinsi yang lebih baik dan membanggakan,” demikian. (MAG)

Editor : DEPP