BANNER
Nias UtaraSUMUT

Kantor Bupati Nias Utara Diisukan Digadai, Bupati dan PT Bank Sumut Jawab ini

×

Kantor Bupati Nias Utara Diisukan Digadai, Bupati dan PT Bank Sumut Jawab ini

Sebarkan artikel ini
Foto : Kepala Bank Sumut Capem Lotu, Nias Utara, Fenansius Hura saat menyampaikan klarifikasi. (Me'aro Zega)

IG.NET, NIAS UTARA – Berdasarkan informasi sebelumnya, beredar di media sosial pasal pemberitaan salah satu media terkait Bupati Nias Utara, diduga gadaikan Kantor Bupati kepada pihak Bank Sumut guna mendapatkan pinjaman 75 Miliar.

“Pernyaataan itu tidak benar.” Hal itu ditegaskan Kepala Bank Sumut Capem (Cabang pembantu) Lotu Nias Utara, Fenansius Hura ditemui IndonesiaGlobal, Kamis 6 Juli 2023.

Dia menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Nias Utara tidak menggadaikan Kantor Bupati Nias Utara sebagai jaminan di Bank Sumut.

“Sumber pembayaran pinjaman daerah diajukan Pemkab Nias Utara, bersumber dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kab. Nias Utara,” ungkap Fenansius.

Selain itu, dia juga menjelaskan kalau proses pinjaman telah dilakukan Pembkab Nias Utara, itu telah memenuhi prosedur dan berjalan dengan baik.

ADVERTISEMENTS
BANNER

“Saat ini, pembayaran pinjaman daerah tersebut berjalan lancar,” kata Fenansius.

Sementara itu, Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu menjelaskan,  bahwa pelaksanaan pinjaman ini telah kita ikuti mekanisme yang ada.

“Sebagaimana ketentuan Peraturan Pemerintah Nomor 54, Tahun 2005 tentang pinjaman daerah, pemerintah daerah dapat melakukan pinjaman terhadap Bank berbadan hukum di Indonesia dan mempunyai kedudukan dalam wilayah negara Republik Indonesia,” ungkap Bupati Amizaro.

Kata bupati, proses pinjaman ini adalah kesepakatan antara Pemkab Nias Utara dengan Bank Sumut, setelah mendapatkan persetujuan dari Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI, Kemenkeu (Kementerian Keuangan) RI dan DPRD Nias Utara.

Selain itu, sebutnya tidak ada aset digadaikan atau diagunkan atas pinjaman tersebut. “Sebab, pengembalian pinjaman selama 24 bulan sampai akhir tahun 2024, dan langsung dipotong dari kas daerah ada di Bank Sumut setiap bulannya, sesuai dengan kesepakatan,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, pinjaman diberikan oleh Bank Sumut kepada Pemkab Nias Utara, diperuntukan untuk program pembangunan infrastruktur.

“Dan telah dilakukan survei oleh pihak Bank Sumut, untuk memastikan peruntukan pinjaman dimaksud,” demikian, tegas Bupati Amizaro. (MAG)

Editor : DEPP

Rumah Wartawan Diduga Dibakar OTK
Peristiwa

INDONESIAGLOBAL, MEDAN – Video yang menyebutkan rumah salah seorang wartawan media online, Junaidi Marpaung, Labuhan Batu, Sumatera Utara, dibakar orang…

Shell Resmi Tutup Semua SPBU di Medan
Ekonomi

INDONESIAGLOBAL – Shell Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh operasional Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Medan, Sumatera Utara pada…