Nasional

Sigap Arahan Presiden, ATR/BPN Dampingi Eks Pejuang Timor-Timur Serahkan Data Beasiswa Anak ke Kemendikbud

×

Sigap Arahan Presiden, ATR/BPN Dampingi Eks Pejuang Timor-Timur Serahkan Data Beasiswa Anak ke Kemendikbud

Sebarkan artikel ini

IG.NET, JAKARTA – Usai mempersiapkan lahan relokasi untuk warga eks Timor Timur (Timtim) yang bermukim di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan akan dibangun 2.100 rumah layak huni oleh Menteri PUPR.

Kini, Kementerian ATR/BPN gerak cepat berkoordinasi dengan Kemendikbud merealisasikan Pemberian beasiswa untuk anak-anak pejuang eks Timtim.

BANNER

Hal ini diungkapkan oleh Tenaga Ahli Menteri ATR/BPN, Bidang Hukum dan Masyarakat Adat, DR M Adli Abdullah saat mendampingi Tokoh Pro Integrasi Timor Timur, Eurico Guterres bertemu dengan Sekjend Kemendikbud, Ir Suharti di Gedung Kemendikbud, Rabu 5 April 2023.

“Sudah ketemu bu sekjen kemendikbud dan telah kami serahkan data 2.733 anak-anak dari pejuang timtim untuk dibantu biaya pendidikan SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi. Alhamdulilah Kemendikbud setuju untuk memproses beasiswa mereka sebagaimana arahan presiden,” terang bang Adli sapaan akrabnya kepada Indonesiaglobal.net, Kamis Pagi 6 April 2023.

BACA JUGA:   Ahli Nuklir UGM Jadi DPO Kasus Penggelapan Uang Rp9,2 M

Menurutnya, pemberian beasiswa itu merupakan salah satu poin yang disampaikan oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan Erico Guterres pada 12 Agustus 2021 lalu.

Pada tanggal 7 Maret 2023, Eurico Guteres dalam silaturahminya dengan Menteri hadi Tjahjanto menyampaikan ada beberapa komitmen presiden Jokowi untuk membantu pejuang timor timur yang belum terealisir sampai kini termasuk pemberian beasiswa untuk anak pejuang timtim.

“Jadi Menteri Hadi Tjahjanto langsung menghubungi Mas Nadiem (Menteri Kemendikbud) untuk menindaklanjuti dan merealisasikan arahan presiden. Maka saya dijadikan PIC untuk menindaklanjuti,” bebernya

Sebagai informasi, paska pertemuan Presiden Jokowi dengan Eurico Guterres pada 12 Agustus 2021 dan dilanjutkan kembali pada tanggal 25 November 2021 bersama 25 tokoh pejuang Timtim yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pejuang Timor-Timur (FKPTT) yang dipimpin oleh Eurico Guterres, ada beberapa arahan Presiden yang lagi proses realisasi sebagai berikut:

BACA JUGA:   Misteri Chat Firli ke SYL hingga Obrolan Rahasia Minta Rp 50 M

1. Direncanakan bulan Juni sertipikat sudah dapat diserahkan kepada 2100 pejuang eks Timtim.

2. Pembangunan perumahan oleh PUPR dilahan yang disediakan oleh kementerian ATR/BPN RI untuk para pengungsi eks timtim di Naibonat dan Tuapukan, kabupaten Kupang, (sudah dilakukan tender dan april akan dilakukan land clearing)

3. Pemberian veteran untuk 11.485 pejuang eks Timtim, di kementerian Pertanahan, (proses finalisasi)

4. Pelepasan kawasan hutan oleh Kementerian KLHK, yang berada di kabupaten Melaka, Belu, TTU dan TTS terhadap kawasan perumahan yang didiami oleh pejuang Timor-Timur yang mengungsi ke kabupaten tersebut pada tahun 1999-2001 (sedang proses)

BACA JUGA:   Bukti Kejujuran, Berujung Bahagia: Aiptu Supriyanto Terima Hadiah Sekolah Perwira PAG Polri

5. BUMN akan mempekerjakan 100 orang putra (i) eks pejuang Timtim di BUMN (belum terealisasi)

6. Pemberian beasiswa untuk anak-anak pejuang eks Timtim

Lebih lanjut, terkait rencana relokasi, Kementerian ATR/BPN sudah melaksanakan survei Peta Tematik Pertanahan dan Ruang (PTPR). Kementerian sudah melaksanakan survei PTPR terkait data awal sebaran warga eks Timor Timur yang menetap di 10 desa di Kecamatan Amabi Oefeto dan Kupang Timur.

Kementerian sudah menyiapkan lahan relokasi ke area eks HGU PT Royal Timor Ostrindo di Camplung.

“Sekarang menunggu land clearing yang akan dilakukan oleh kementerian PUPR. Kementerian ATR BPN akan memproses sertipikat setelah land clearing selesai, pungkas Dosen Universitas Syiah Kuala Banda Aceh itu.

Editor: RM Adens

Anggota Polri Tewas, Diduga Dianiaya OTK
Hukum

INDONESIAGLOBAL, JAYAPURA – Kepolisian Resor Yahukimo menyelidiki kasus penganiayaan, diduga dilakukan Orang Tak Dikenal (OTK) terhadap anggota Polisi Polres Yahukimo…