Agama

Jadikan Puasa Sebagai Wahana Melatih Kejujuran Dan Ketaatan Diri

×

Jadikan Puasa Sebagai Wahana Melatih Kejujuran Dan Ketaatan Diri

Sebarkan artikel ini

IG.NET, Banda Aceh- Semua hamba Allah harus mampu menjadikan Bulan Suci Ramadhan sebagai wahana untuk masa melatih kedisiplinan diri dalam sebuah sikap kejujuran dan ketaatan kepada sang khaliq.

Pernyataan ini disampaikan Ustadz Marwan Abbas Sabtu 1 April 2023 malam sebelum shalat tarawich berjamaah.

BANNER

Andai seseorang itu mengaku sedang menjalankan ibadah puasa di hadapan publik, namun ternyata di dalam kamar ketika sendirian, makan dan minum sesuatu.

“Kan tidak ada yang tahu kecuali Allah? Tipikel orang seperti ini berarti tidak jujur dan tidak taat pula,” sebut Marwan ketika memberikan tausiah singkat dan padat di Mushalla Golkar Aceh.

Untuk itu kita harus bersyukur bisa menjadi hamba yang sehat dan taat beribadah sebagaimana anjuran Allah SWt. Karena itu katanya, setiap menyambut datangnya bulan agung ini kita perlu menyiapkan pisik, mental dan lingkungan, katanya sambil mengutip bunyi ayat populer pada setiap bulan suci pada surah Al-Baqarah 183.

Sesungguhnya, hakikat lain daripada berpuasa ini bisa untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang derita, sembari mencontohkan puasa Nabi Adam, Nabi Musa, Nabi Daud dan Nabi Isa.Termasuk pasukan Napolion ketika hendak menyerang Negara Mesir spontan mengalami kesakitan semua. KSetelah berpuasa beberapa baru penyakit pupus kembali.

Selain ibadah shalat dan puasa, Allah SWT sangat mencintai hambanya yang gemar bersadaqah. Untuk hambanya yang bersadaqah kepada sesama atau orang tidak mampu pada bulan ini diberikan bonus pahala 700 kali kelipatan dan 100 ribu kelipatan bila diperuntukkan khusus kepada ahlifamilinya.

Berkenaan hal di atas itu katanya lagi, ibadah apapun boleh dilakukan, namun Allah SWT tetap menolak ibadah selama bulan ini, jika menjelang puasa masih ada hambanya yang tidak saling bermaaf-maafan.

Ketiga golongan yang ditolak nilai ibadahnya itu, yakni; para hambanya yang tidak mempedulikan kehidupan kedua orang tuanya, para isteri yang tidak taat pada suaminya dan pemaafan atas kesalahan kepada sanak keluarga serta dengan orang lain di tengah-tengah kehidupan sesama masyarakat.

Kelihatan Shalat tarawich berjamaah ini dihadiri Ketua DPD Golkar Aceh H T.Muhammad Nurlif dan anggota pengurus lainnya. Acara berakhir dengan Snack bersama.

Editor: RM Adens