Nanggroe Aceh

Potensi Kerawanan Pilkada Serentak 2024, Panwaslih Luncurkan Sentra Gakkumdu

×

Potensi Kerawanan Pilkada Serentak 2024, Panwaslih Luncurkan Sentra Gakkumdu

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH SELATAN – Panitia pengawas pemilih (Panwaslih), gelar rapat Koordinasi Sentra Penegak Hukum Terpadu (GAKKUMDU) potensi kerawanan Pilkada serentak tahun 2024, di Caffe Sawung Bambu, Rabu 22 Februari 2023.

Turut hadir Tim Sentra GAKKUMDU dari unsur Panwaslih Aceh Selatan, Kapolres Aceh Selatan Nova Suryandaru, Kepala Kejaksaan Negeri Aceh Selatan Heru Anggoro, dan jajaran.

BANNER

Azhari, Koordinator GAKKUMDU Aceh Selatan, Tim Gakkumdu lebih mewaspadai terhadap potensi pelanggaran pada pemilu 2024 mendatang, kata dia.

BACA JUGA:   Dinilai Unik Dalam Dikmas Lantas, Haji Uma Berikan Pengharagaan Kepada Bripka Rahmad Hidayat

Menurut dia, terdapat beberapa pelanggaran mungkin saja terjadi di pemilu kali ini. “Khususnya pada tahapan kerawanan Pilkada serentak. Karena itu kita menggelar rapat ini,” ucap Azhari.

BACA JUGA:   Replanting Aceh Jaya, Diduga Tersangka Akan Ditetapkan

Bukan itu saja, saat rapat pihaknya juga memberikan arahan terkait teknis, kepada anggota dalam melakukan tugas penanganan pelanggaran tindak pidana pemilu.

Selain itu, kata Azhari, dia juga memberikan arahan sesuai dengan tugas dan wewenang diatur dalam peraturan badan pengawas pemilihan umum, terkait sentra penegakan hukum terpadu.

“Melalui kegiatan ini, berharap teman-teman tergabung dalam Gakkumdu, perlu adanya penguatan eksistensi kelembagaan,” katanya.

BACA JUGA:   Tertibkan Tambang Ilegal, Polres Nara Gelar Patroli Gabungan

Azhari menjelaskan, bahwa keberadaan Panwaslih, Kepolisian, dan Kejari di dalam sentra Gakkumdu, diharapkan mampu membangun pola hubungan bersifat koordinatif.

NamunĀ  dengan tetap menjaga kemandirian dari masing-masing lembaga. “Termasuk membangun kesepahaman sama memaknai norma-norma pengaturan pidana pemilu,” demikian. (MAG)

 

Editor: DEP

Pj Gubenur Aceh, Copot Dirut PT PEMA
Banda Aceh

INDONESIAGLOBAL, BANDA ACEH – Beredar informasi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, mencopot Direktur Utama BUMD PT Pembangunan Aceh (PEMA)….