Jendela Ala

Miris! Dana ZIS Aceh Tenggara Mengalir Untuk Orang Kaya

×

Miris! Dana ZIS Aceh Tenggara Mengalir Untuk Orang Kaya

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH TENGGARA– Berbagai kalangan masyarakat, mengeluhkan penyaluran bantuan Zakat Infaq dan Sedekah di Baitulmal Aceh Tenggara (Agara) Pasalnya, bantuan itu terkesan tak tepat sasaran.

Hal ini disampaikan warga kecamatan Ketambe, Ansari. Menurutnya, penyaluran bantuan untuk fakir miskin di desanya banyak yang tidak kebagian. Di sisi lain Ansari menyebutkan bantuan dari baitulmal justru diberikan kepada pemilik rumah mewah yang pemiliknya mempunyai grosir kelontong.

BANNER

“Apakah bisa pak bantuan Baitulmal itu dibagikan kepada orang yang mampu,?” Tanyanya keheranan kepada IndonesiaGlobal.Net dengan nada kecewa.

Ia menilai pendataan itu terkesan asal-asalan dan direkayasa. Hal ini terbukti dengan tidak kebagiannya fakir miskin di desanya.

“Masih banyak yang membutuhkan dari pada pemilik grosir itu. Ada lagi yang dapat justru mertua kepala desa dan ABG Mukim,” Cetusnya.

Menanggapi hal ini, Kepala sekretariat Baitulmal Aceh Tenggara, fiki mengaku belum mengetahui kejadian itu. Sebab, yang tahu pasti adalah pihak bidang Baitulmal.

Sementara, Sopian Husni kepala Baitulmal Aceh Tenggara, mengatakan bantuan dana Zakat Infaq dan Sedekah yang direalisasikan untuk tahap tiga 2022 sebesar Rp. 2, 8 milyar.

“Untuk disalurkan di Agara, ada 5.513 ribu yang tersebar di berbagai desa,” kata Sopian kepada IndonesiaGlobal.Net.

Terkait data dan penyaluran yang tidak tepat sasaran, pihaknya menampik bahwa data yang diterima bersumber dari kepala desa masing-masing serta relawan kecamatan.

“Pihak Baitulmal tidak mengetahui hal itu, karna data itu langsung dilaporkan oleh kepala desa,” tandasnya

 

Editor: R M Adens