Jendela Barsela

SMK Negeri 1 Meulaboh Dirikan Lab Toko, Kacabdin Aziz: Bentuk Jiwa Siswa Pintar Dunia Bisnis

×

SMK Negeri 1 Meulaboh Dirikan Lab Toko, Kacabdin Aziz: Bentuk Jiwa Siswa Pintar Dunia Bisnis

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Meulaboh, mengadakan Expo Bisnis Pemasaran di halaman depan sekolah setempat, Senin 13 Februari 2023.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Cabang Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Barat (Kacabdin) Abdul Azis, sekaligus dilanjutkan pemotongan pita tanda resmi dibuka Lab Pertokoan Jurusan BDP.

Diketahui, expo dan peresmian Lab pertokoan jurusan BDP ini berkerjasama dengan distributor pemasaran dengan harga grosir dikelola langsung siswa-siswi didampingi para guru jurusan tersebut.

BACA JUGA:   Pasca Cuti Idul Fitri, Pj Bupati Asel Minta ASN Berkonsentrasi Kembali Bekerja

Kacabdin Aceh Barat, Abdul Azis mengatakan kegiatan ini merupakan program tahunan menjadi tuntutan kurikulum berbasis SMK, seperti jurusan bisnis daring dan pemasaran.

“Terdapat 11 SMK baik kejuruan pemasaran, tanaman pangan, pertanian dan teknik di Kabupaten Aceh Barat. Kita pun telah bekerjasama dengan perusahaan sehingga nanti lulusan SMK dapat ditampung pada perusahaan tersebut,” katanya.

Namun peran Kepala Sekolah, pengawas dan komite juga harus siap untuk selalu bersinergi dengan berbagai pihak demi mencapai tujuan utama agar dapat melahirkan siswa lulusan SMK pintar dalam dunia bisnis sesuai tuntutan zaman.

BACA JUGA:   Pengungsi Rohingnya Diperkirakan Akan Mendarat Di Pesisir Pantai Aceh Selatan

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Meulaboh, Tarmizi SE menyebutkan saat ini ada tiga puluh siswa-siswi BDP di bangku kelas tiga, khusus di didik berkiprah dalam dunia bisnis dan pemasaran.

Sejumlah siswa itu, sebagiannya direncanakan akan dikirimkan pihak sekolah ke Kota Banda Aceh guna menjalankan studi magang selama enam bulan, semantara sebagian lagi tetap di Kabupaten Aceh Barat.

“Untuk meningkat skill mereka, maka perlu dan wajib untuk dimagangkan di tempat bermutu, sehingga setelah magang siswa itu dapat ditampung perusahaan sesuai skill dan kemampuan nya,” imbuh Kepsek.

BACA JUGA:   Hasil Gagasan Pj Bupati Murtala, KPN KOPSEMA JAYA Diresmikan

Apalagi saat ini SMK 1 menyelenggarakan expo sekaligus di buka Lab pertokoan jurusan tersebut guna siswa dapat belajar dan memiliki pengalaman dalam mengelola usaha secara mandiri.

“Kita berharap guru jurusan BDP sendiri dapat memberikan kontribusi besar bagi mereka, semoga setelah expo dan magang nanti para siswa itu dapat ditampung perusahaan sesuai skill kemampuannya,” harap dia.

Editor: R M Adens