NasionalSUMUT

HPN 2023, Presiden Jokowi: Insan Pers Telah Banyak Berkontribusi Terhadap Kemajuan Bangsa dan Negara

×

HPN 2023, Presiden Jokowi: Insan Pers Telah Banyak Berkontribusi Terhadap Kemajuan Bangsa dan Negara

Sebarkan artikel ini

IG.NET, SUMUT – Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, diselenggarakan PWI Pusat di Gedung Serbaguna Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang, berjalan lancar dan meriah, Kamis 9 Februari 2023.

Pada uncak acara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir dalam kegiatan, didampingi Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua MPR  Bambang Soesatyo.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Kemudian, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

Turut hadir juga, Gubernur  Provinsi Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, dan Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, serta Ketua PWI, Atal S Depari.

Foto: Puncak peringatan HPN 2023, diselenggarakan PWI Pusat di Gedung Serbaguna Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Deli Serdang. (Reza)

Pengamatan IndonesiaGlobal.Net,  para jurnalis se-nusantara datang dari berbagai daerah, khusus memeriahkan puncak HPN digelar di Provinsi Sumut itu.

Salah satunya rombongan PWI Aceh Barat bersama Kabid Komunikasi dan Informasi Publik, Hidayat Isa, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian setempat, semangat bergelora mengikuti acara itu.

LIHAT JUGA:   Karyawan Bank Gelapkan Uang Titipan BI Untuk Judi Online

Kata dia, kehadiran Diskominsa Aceh Aceh Barat ini juga mewakili pihak pemkab setempat, datang khusus ke Medan, Sumatera Utara.

Berjarak 553 Kilometer dari Meulaboh ke Medan, ujar Dayat, kami melintasi jalur pantai Barat Selatan Aceh selamat tanpa kendala.

“Alhamdulilah, niat hadir pada puncak HPN ini tercapai,” imbuhnya dengan senyum sumringah, kepada IG.NET.

Adapun para jurnalis perwakilan dari Aceh Barat hadir dalam kegiatan ini, tutur dia, yakni Marzan, Arif Rizalul dan Reza A Latif.

Foto: Anggota PWI Aceh Barat dan Kabid Komunikasi dan Informasi Publik, Hidayat Isa, bersama Ketua PWI Pusat Atal S Depari. (Reza)

Amatan lain terlihat, di lokasi tampak ribuan tamu undangan beserta Jurnalis berbondong-bondong memasuki dan memadati ruangan VIP gedung, mengikuti rangkaian kegiatan HPN.

Presiden Joko Widodo, saat sambutan mengucapkan selamat HPN sekaligus menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers Indonesia telah ikut andil berperan bagi kemajuan negara dan bangsa selama ini.

Kata dia, atas nama rakyat dan pemerintah, saya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional kepada insan pers Indonesia di mana pun berada.

LIHAT JUGA:   Kasus Penerimaan Uang Politik, KPK Periksa Muhdlor

“Sekaligus saya mengucapkan terimakasih kepada pers nasional atas kontribusinya sejak awal kemerdekaan, menyuarakan inovasi pembangunan dan menjadi penopang demokratisasi,” ujarnya.

Jokwi mengaku, dia telah banyak memiliki pengalaman dengan insan pers sejak awal menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga saat ini menjadi Presiden Republik Indonesia.

“Saya ke sana kemari berjalan bareng dengan para insan pers ke setiap desa atau kampung, ke pasar, nelayan dan lain-lain. Dan terbukti, jika insan pers membuka harapan untuk saya menjadi Presiden,” sebut presiden.

Tempat sama, Ketua PWI Atal S Depari menyatakan, peringatan HPN 2023 digelar di Sumatera Utara, adalah bagian penting dari sejarah pers Indonesia.

Kata Atal, dari provinsi inilah lahir pelopor pers Indonesia dan media legendaris, lahir juga para wartawan berjuang demi menghidupkan pers hingga kekinian.

“Sehingga demokrasi tegak di negara kita ini,” kata dia.

Ketua PWI Pusat itu berharap, pada peringatan kali ini dapat membangkitkan semangat untuk segera bangkit dari krisis pandemi Covid-19.

“Semoga, dengan adanya perayaan HPN, dapat kembali menapaki jalan pembangunan dan kemajuan bangsa,” tutup Atal. (MAG)

Editor: DEP

KM Umsini Terbakar
Nasional

INDONESIAGLOBAL – Hari masih pagi benar, sekitar pukul 05.30 Wita. Edi, seperti ribuan penumpang KM Umsini lainnya, masih terlelap saat…