Nanggroe Aceh

Tindaklanjut Arahan Mendagri, Pj Wali Kota Banda Aceh Sidak Pasar Al Mahirah

×

Tindaklanjut Arahan Mendagri, Pj Wali Kota Banda Aceh Sidak Pasar Al Mahirah

Sebarkan artikel ini

 IG.NET, BANDA ACEH – Dalam rangka monitoring inflasi daerah, Penjabat Wali Kota Banda Aceh, Bakri Siddiq kembali melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Al-Mahirah, Gampong Lamdingin, Minggu 29 Januari 2023.

“Kegiatan ini dilakukan, menindaklanjuti arahan Mendagri RI pada rakor pengendalian inflasi daerah, Selasa lalu,” ujar Pj Wali Kota Banda Aceh, kepada IndonesiaGlobal.Net

BANNER

Dalam sidak itu, Bakri Siddiq datang bersama Plt Kepala Bank Indonesia Perwakilan Aceh Rony Widijarto, Kepala BPS Banda Aceh Amir Fadli, Kabag Ops Polresta Banda Aceh Kompol Iswahyudi, Kasdim 0101/KBA Letkol Arh Sugi Hantoro, dan perwakilan unsur Forkopimda lainnya.

BACA JUGA:   Pendaftaran Calon Anggota Panwaslih Pilkada Agara Dibuka

Turut hadir, Sekdako Amiruddin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jalaluddin, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan M Nurdin, bersama para kepala dinas dan pejabat terkait di lingkungan Pemko Banda Aceh.

Saat tiba di lokasi, Bakri langsung berdialog dengan pedagang untuk mengecek stok dan harga kebutuhan pokok di pasar tradisional terbesar di Aceh tersebut.

Adapun, warung kelontong, beras, hingga lapak penjualan ayam potong dan daging sapi turut disambangi Bakri Siddiq beserta rombongan.

BACA JUGA:   Hari Kesadaran Nasional, Pj Bupati Ajay Tegaskan Pentingnya Disiplin

Dia menjelaskan, hasil peninjauan, terjadi kenaikan harga komoditi, meski tidak terlalu signifikan.

Lebih lanjut, gerak cepat pelaksanaan operasi pasar, diinstruksikan kepada Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Banda Aceh.

“Barusan kita melihat beberapa komoditi, seperti beras, minyak goreng, dan bawang, harganya naik,” tambah Bakri usai sidak.

Selain itu, pergerakan harga ini akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan operasi pasar pekan depan, melibatkan stakeholder terkait.

Sementara itu, dalam hal pengendalian laju inflasi, Bakri menyebut Banda Aceh, mencatatkan pencapaian positif. “Inflasi year on year dari 7,85 persen pada Spetember 2022 terus menurun hingga enam persen pada Desember lalu.

BACA JUGA:   Lakukan Tindak Pidana Penipuan, IRT Asal Acut Diringkus Polisi

Guna memastikan, tahun anggaran baru, Pemko Banda Aceh juga telah mengalokasikan anggaran yang memadai untuk program pengendalian inflasi.

“Anggarannya hampir tiga kali lipat daripada tahun lalu. Kita terus berpacu sesuai arahan presiden dan mendagri untuk menekan laju inflasi hingga di bawah lima persen, seraya mengharapkan dukungan masyarakat dan semua elemen kota,” tandasnya. (MAG)

 

Editor: R M Adens

 

Pj Gubenur Aceh, Copot Dirut PT PEMA
Banda Aceh

INDONESIAGLOBAL, BANDA ACEH – Beredar informasi Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Bustami Hamzah, mencopot Direktur Utama BUMD PT Pembangunan Aceh (PEMA)….