Jendela BarselaPolri

Polres Aceh Barat Gencarkan Program Bermanfaat, Kali Ini Mengarah Pada Anak Usia 3 Tahun

×

Polres Aceh Barat Gencarkan Program Bermanfaat, Kali Ini Mengarah Pada Anak Usia 3 Tahun

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Kepolisian Resor Aceh Barat terus menerus gencarkan program bermanfaat kepada masyarakat setempat untuk siap selalu mendukung melakukan keamanan dan ketertiban.

Gencaran itu berbeda dari program sebelumnya mengarah pada orang lebih dewasa, kali ini pendekatan dilakukan kepada anak usia tiga sampai enam tahun.

ADVERTISEMENTS
BANNER

Tujuannya, menanamkan rasa kedisiplinan dan kesadaran hukum sejak usia dini, memperkenalkan satuan dan tugas kepolisian secara bersahabat, di Mapolres setempat, Kamis 19 Januari 2023.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, mengatakan kegiatan polisi sahabat anak, merupakan salah satu program untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya anak-anak dengan tujuan hukum sejak dini.

LIHAT JUGA:   Ribuan Pengikut Habib Muda Seunagan Shalat Idul Adha

“Paling utama, menanamkan rasa bangga kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program digawangi Polres tentunya dikemas secara menyenangkan. Anak-anak terlihat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dan kegiatan interaktif lainnya,” kata Pandji.

Foto: Kegiatan polisi sahabat anak, merupakan salah satu program untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, khususnya anak-anak dengan tujuan hukum sejak dini. (Ist)

Menurut dia, program polisi sahabat anak ini memang semestinya disampaikan dengan cara gembira dan menyenangkan, agar mengunggah semangat mereka dalam menerima berbagai penyampaian dari personel.

Antaranya, pengenalan rambu-rambu lalu lintas, tertib berlalu lintas menggunakan helm dan mengajari anak-anak untuk bisa mengingatkan orang tuanya, saat berboncengan motor ke sekolah memakai helm demi kesalamatan.

LIHAT JUGA:   Pj Bupati Ajay Terima Zakat Perusahaan BAS Cabang Calang

Selain itu, program ini juga mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan, yaitu menumbuhkan kepekaannya terhadap sekitar untuk tidak membuang sampah sembarang tempat.

“Hal kecil ini jika dilaksanakan terus menerus dalam kehidupan sehari-hari mereka akan memberikan manfaat besar akan mencegah terjadinya banjir diakibatkan tumpukan sampah menutupi saluran air,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK pembina Kecamatan Johan Pahlawan, Iswarni mengapresiasi dan berterimakasih kepada Polres Aceh Barat telah mengadakan program Polisi Sahabat anak.

“Dengan begitu anak-anak bisa belajar dan lebih tau tentang kepolisian, sehingga bisa membangun generasi patuh akan hukum ke depannya,” tuturnya. (MAG)

 

Editor: R M Adens