Jendela AlaPolri

Jumat Curhat Polres Aceh Barat, Segarkan Problema Nelayan

×

Jumat Curhat Polres Aceh Barat, Segarkan Problema Nelayan

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Menyegarkan problema lini masyarakat nelayan, Kepolisian Resor Aceh Barat gelar Jumat Curhat di Dermaga Pendaratan Ikan Desa Panggong, Meulaboh, Jumat 30 Desember 2022.

Kegiatan itu dilakukan polres setempat untuk menciptakan rasa kepedulian antar sesama, sehingga terbentuk kesatuan guna menyelesaikan permasalahan dihadapi warga.

Di lokasi, tampak puluhan nelayan tengah bersantai menikmati hidangan kopi pagi sembari berdiskusi dan bertukar pendapat terkait isu kekinian tengah bergulir, hingga berbagai keluhan para nelayan terlimpahkan secara gamblang dihadapan orang nomor satu di Polres Aceh Barat.

AKBP Pandji Santoso, saat kegiatan mengatakan apa digelarnya ini sebagai bentuk jiwa kepedulian Polisi kepada seluruh nelayan, agar permasalahan terjadi dapat terorganisir secara pasti.

Adapun permasalahan dibahas itu, meliputi poin penting disampaikan mereka terkait pengurusan surat menyurat, pendangkalan lintas memasuki alur dermaga pendaratan ikan, kurangnya pengadaan lampu navigasi kapal tongkang, serta limbah berserakan.

BANNER

Kata Pandji, dalam giat ini tujuannya untuk menyerap permasalahan di desa, khususnya nelayan dengan prinsip memprioritaskan penyelesaian permasalahan.

Terkait keluhan nelayan atas surat rekomendasi pengambilan BBM begitu lama proses pengeluaran turun ke nelayan, dia menjelaskan perlu adanya keselarasan pihak Polairud dengan Dinas Kelautan Perikanan dan Kantor Kesyahbandaran serta otoritas pelabuhan, agar sirkulasi kebutuhan nelayan bisa lancar, terang dia.

Dari berbagai permasalahan telah diserap, Kapolres Pandji berjanji akan berupaya mengatasi secara maksimal di tingkat daerah.

“Caranya, yaitu menjalankan kordinasi kepada pihak dinas terkait, sehingga keperluan nelayan mulus tanpa hambatan.”

Kata Pandji, Kita akan fikirkan dan merumuskan secara bersama bagaimana mengatasi rangkaian pembahasan penting tadi terselesaikan.

“Ke depan, ini akan diupayakan agar kebijakan pro terhadap nelayan sehingga tidak menghambat aktifitas pencarian ekonomi di laut,” sebut Pandji.

Sementara itu, Panglima Laot lhok Panggong, Fajar fitriadi menyampaikan kegiatan diadakan polres setempat, memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan.

“Sebab, telah memberi peluang bagi kami untuk menyampaikan berbagai keluhan sedang dialami rekan-rekan dalam mencari rezeki di lautan luas,” katanya.

Dia pun berharap kepada pihak berwewenang, agar menyelesaikan segera permasalahan terjadi, pinta Fajar.

MAG /Reza A. Latif melaporkan

Editor : DEP