JakartaUniversitas

Canggih, Mahasiswa UPER Gunakan AI Untuk Dongkrak Produksi Migas

×

Canggih, Mahasiswa UPER Gunakan AI Untuk Dongkrak Produksi Migas

Sebarkan artikel ini

IG.NET, JAKARTA – Data dari Kementerian ESDM mencatat, dalam lima tahun terakhir, produksi minyak bumi Indonesia menurun sebesar 36 persen dan 56 persen.

Hingga tahun 2020, cadangan minyak terbukti di Indonesia berkisar 2,4 ribu barrel, sedangkan cadangan gas terbukti diperkirakan sebanyak 43,57 TSCF.

Berbicara pada acara AI Academy Graduation, Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji, menyebut pemanfaatan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) dapat mempercepat perkembangan industri migas di Indonesia.

“Pemerintah telah memetakan daerah-daerah kaya akan gas, mulai dari ujung barat hingga bagian timur Indonesia. Beberapa wilayah berpotensi besar ada di Andaman II, Lombok, Masela, dan Indonesia Deepwater Development.”

Kami berharap AI dan Big Data dapat memberikan lebih banyak peluang untuk membuat keputusan secara lebih cepat, imbuhnya.

AI Academy, kata dia merupakan program pertama di Indonesia dibesut Schlumberger Indonesia bekerja sama dengan Universitas Pertamina (UPER) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Kegiatan telah berlangsung sejak 8 Agustus hingga 23 September 2022 ini, telah sukses dilaksanakan dan berhasil meluluskan 30 peserta pelatihan dari Universitas Pertamina.”

Adalah Muhammad Naufal Septifiandi, Ferdiansyah Rahman, Muhammad Amien M. Hilman, dan Indrian Ellies, mahasiswa UPER berhasil meraih posisi pertama dalam final capstone project AI Academy.

Mereka mengembangkan program AI bertajuk ‘Alpha Infill: An Integrated Machine Learning Tools to Predict “Sweet” Infill Well Location.’ Katanya.

Program AI ini dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas lapangan minyak bumi berpotensi memiliki hidrokarbon tinggi, namun belum sepenuhnya tereksploitasi. Sehingga proses eksplorasi migas bisa berjalan cepat, efektif dan efisien.

“Alpha Infill bekerja dibantu oleh model ML sudah kami buat, yakni yakni KMeans Clustering, Extra Tree Classifier, dan Kriging masing-masing berfungsi mengukur kualitas produksi dan produktivitas sumur.”

Selain itu, memprediksi sifat batuan reservoir, hingga menentukan lokasi pengeboran paling baik guna dilakukan infill drilling. Ungkapnya, saat wawancara daring, Jumat 7 Desember 2022.

Hasil dari infill drilling inilah, akan meningkatkan produktivitas pada suatu lapangan minyak bumi. Tidak hanya itu, Naufal dan tim juga membuat dashboard interaktif menggunakan Dataiku.

“Dashboard ini dapat digunakan untuk melakukan proses machine learning dari awal hingga akhir secara interaktif, tanpa perlu melakukan proses coding yang rumit.”

Kesempatan sama, Managing Director Schlumberger Indonesia, Devan Keith K. Jeya Raj menyampaikan pelatihan AI Academy, merupakan bentuk komitmen Schlumberger Indonesia dalam menemukan dan mengembangkan bakat-bakat baru guna mencetak generasi juara.

Kata dia, bagi anda sekalian baru saja selesai menempuh pelatihan AI Academy, sekarang anda memiliki tanggung jawab yang cukup berat untuk membantu Indonesia untuk mencapai target produksi migas sebanyak 1 juta barel minyak dan 12 miliar BSCDF gas pada tahun 2030.

Sementara itu, Rektor Universitas Pertamina, Prof. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, untuk mendukung pengembangan digitalisasi dalam industri migas, UPER juga menyediakan kurikulum pembelajaran Kecerdasan Buatan di Industri Minyak dan Gas pada program studi Teknik Perminyakan.

“Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diperkenalkan kepada AI dan diajarkan mengenai dasar-dasar pemrograman.”

Dengan adanya pelatihan AI Academy, tentu mahasiswa dapat mengasah lebih dalam pengetahuan dan skill yang diperlukan dalam penerapan AI dan ML di industri migas, jelas Prof. Wirat.

Bagi siswa-siswi tertarik bekerja di industri energi, dapat bergabung di Universitas Pertamina (UPER). Saat ini, kampus besutan PT Pertamina (Persero) ini sedang membuka pendaftaran non.

 

VID melaporkan

Editor : Redaksi

Empat Pati Polri Naik Pangkat
Jakarta

INDONESIAGLOBAL, JAKARTA – Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Agus Andrianto memimpin upacara kenaikan pangkat atau Korps Raport empat…

Polsek Pademangan Tangkap Tiga Bandar Narkoba
Hukum

INDONESIAGLOBAL, JAKARTA – Polsek Pademangan menggelar jumpa pers penangkapan tiga orang bandar Narkoba di Jakarta, Senin 26 Februari 2024. Kapolsek…