Jendela Ala

Disdikbud Aceh Jaya Umumkan Pemenang Lomba PKD, Pj Nurdin Harap Kegiatan Ini Berkelanjutan

×

Disdikbud Aceh Jaya Umumkan Pemenang Lomba PKD, Pj Nurdin Harap Kegiatan Ini Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH JAYA – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan umumkan pemenang lomba Pekan Kebudayaan Daerah Ke-1 tahun 2022, digelar sejak tanggal 1 hingga 2 Desember.

Adapun kategori lomba di kegiatan itu, yakni ratoh jaroe, peuayon aneuk dan seumapa, imbuh Kadis Disdikbud Aceh Jaya, Abu Bakar, Jumat 2 Desember 2022.

BANNER

Dia mengatakan, kegiatan tersebut guna melestarikan kesenian daerah dan mempersiapkan kesenian yang ada di kabupaten ini untuk mengikuti pekan kebudayaan di tingkat Provinsi Aceh, tahun depan.

Kata dia, sebenarnya ada empat kategori diperlombakan, namun karena lomba cato rimung tidak ada peserta mendaftar, maka hanya tiga kategori dan penampilan Dikee Pam Panga saja.

Foto : Pelestarian budaya dan kesenian, bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah pun panitia penyelenggara saja. (IGN)

Untuk para peserta mengikuti lomba kegiatan PKD ini, terdiri dari siswa dan masyarakat umum. Abu berharap kegiatan PKD Ke-2 tahun depan, bisa menambah kategori lomba seni daerah lainnya.

“Seperti Ca’e, Peh Bantai, Cato Rimueng dan Galah sebagai upaya melestarikan budaya dan kesenian daerah ada di sini.”

Mudah-mudahan kegiatan seperti ini, pinta Abu, bisa mendapat dukungan dari Pemerintah dan DPRK dalam melaksanakan event-event lebih meraih lagi di tahun akan datang.

Tempat sama, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin, menyampaikan selamat kepada para juara lomba Pekan Kebudayaan Daerah Ke-1 Kabupaten Aceh Jaya.

Dia berharap, peserta terbaik ini akan mampu mewakili Kabupaten Aceh Jaya pada event pekan kebudayaan, baik tingkat provinsi pun tingkat nasional.

“Selamat kepada para juara pada lomba Pekan Kebudayaan Daerah ke-1 Kabupaten Aceh Jaya tahun 2022 ini.”

Kata Nurdin, mudah-mudahan nantinya dapat menampilkan hasil terbaik untuk Kabupaten Aceh Jaya pada event pekan kebudayaan level lebih tinggi.

Selain itu, Pj bupati meminta kepada pemenang untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuan seni dan terus berusaha untuk dapat meningkatkan kualitas diri seoptimal mungkin.

“Semoga melalui ikhtiar kita semua dalam melestarikan kesenian dan budaya di Kabupaten Aceh Jaya ini, itu dapat melahirkan masyarakat peduli terhadap pelestarian budaya di daerahnya.”

Nurdin juga berharap, kegiatan PKD ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat memotivasi para seniman, budayawan, pemerhati dan organisasi-organisasi kesenian guna mengembangkan kreasi dan inovasi kesenian.

Pelestarian budaya dan kesenian, ujar Pj bupati itu bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah pun panitia penyelenggara saja.

“Tetapi turut menjadi perhatian serta tanggungjawab seluruh masyarakat.” Dan melalui event kebudayaan daerah ini, tentunya dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan daerah.

“Terutama dalam peningkatan kunjungan wisatawan dan peningkatan investasi pariwisata dikabupaten ini,” kata Nurdin.

Berikut Nama Pemenang Lomba:

1. RATOEH JAROE
Juara 1 SMP negeri 1 Krueng Sabee
Juara 2 SMP Unggul Calang
Juara 3 SMP Negeri 1 Teunom

2. PEUAYON ANEUK
Juara 1 Rahma Saputri
Juara 2 Evi dawani
Juara 3 Vathia Nur Hasanah

3. SEUMAPA
Juara 1 Martunis
Juara 2 Muchtar Ahmadin
Juara 3 Sulaiman HS.

 

Redaksi/ DEP melaporkan