Jendela Ala

Ingin Peroleh Status PNS, “Wajib” Ikuti Pendidikan Ini

×

Ingin Peroleh Status PNS, “Wajib” Ikuti Pendidikan Ini

Sebarkan artikel ini

IG.NET, ACEH BARAT – Meningkatkan keahlian dalam melaksanakan tugas jabatan secara profesional, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Barat, gelar pendidikan dan pelatihan Prajabatan.

Sebanyak 189 CPNS mengikuti pelatihan dasar formasi umum, terdiri dari tenaga kesehatan 31 peserta dan tenaga teknis 158 peserta.

BANNER

“Pelatihan itu telah digelar selama 51 hari dengan jumlah lima angkatan, berlangsung di asrama putri Pocut Baren Meulaboh. Tahun 2023 akan dilanjutkan kembali pelatihan tersebut untuk 100 CPNS,” imbuh Plt Kepala BKPSDM Amril Nuthihar, Kamis 1 Desember 2022 siang.

Dia menjelaskan, sesuai prosedur, pelatihan itu merupakan tahapan wajib ditempuh CPNS, sehingga melalui diklat prajabatan itu nantinya dapat diangkat sebagai PNS tetap.

“Tujuannya memberikan pengetahuan serta membentuk wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS di masing-masing kebutuhan instansi secara profesional.” Kata Amril.

Adapun pelatihan dilakukan itu, meliputi dalam tiga agenda, pertama terkait wawasan kebangsaan dan nilai bela negara, ke dua orientasi pelayanan akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, kolaboratif.

“Sedangkan pada agenda ke tiga, materi disampaikan terkait manajemen dan Smart ASN,” sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, jelasnya.

“Berharap, baik dalam tugas instansi masing-masing, pun budaya organisasi, agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” tutup Amril.

 

MAG /Reza A. Latif melaporkan

Editor : DEP