NasionalSUMUT

Terima Kunjungan Ketua PWI, Gubsu: Intel Paling Tinggi Itu Pers

×

Terima Kunjungan Ketua PWI, Gubsu: Intel Paling Tinggi Itu Pers

Sebarkan artikel ini

IG.NET, SUMUT – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sangat mengapresiasi tumbuhnya pers di daerah dan sepakat pers tidak boleh bungkam. “Pers harus merdeka.”

Hal ini dinyatakan dia, ketika menerima kunjungan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari. Atal bersilahturrahmi seusai jalan pagi bersama Gubsu.

BANNER

Edy menilai, pers tidak boleh dibungkam. Salah satu peran pers adalah mengkritik kebijakan, namun bukan bersifat sentimen apalagi tendensius.

Kata mantan Pangkostrad itu, saya termasuk tipe tidak alergi terhadap kritik. Tapi mengaku kecewa, bila kritik dilandasi kepentingan, sentimen pribadi dan tendensius,” imbuh Edy.

BACA JUGA:   UU Desa Dalam Jeratan Politik Transaksional

Edy juga menyatakan Pers wajib dipelihara oleh negara, karena pers di awal terwujudnya Indonesia merdeka ikut memerdekakan bangsa ini.

“Jadi negara ini merdeka tidak hanya karena senjata tapi juga karena penanya wartawan yang menyuarakan api perjuangan untuk Indonesia merdeka,” tegas Edy Rahmayadi, seraya menyebut tugas pers jugalah mengisi kemerdekaan saat ini.

Sebagai mantan Pangkostrad, dia menyebut sesungguhnya intel paling tinggi itu pers. “Pers bisa membuka sesuatu belum diketahui publik.”

BACA JUGA:   Pertamina NRE Ajak Mahasiswa Universitas Pertamina Kuasai Kompetensi Green Skills

Karenanya, pers jangan dikerdilkan. Apalagi mau dikerdilkan karena kepentingan. Pers harus berdiri dan berbuat untuk kepentingan rakyat, tegas Edy.

“Kembalikan pers ke hati rakyat,” ujarnya, seraya menyatakan dirinya menyimpan koleksi koran terbitan tahun 1937.

Diketahui, kedatangan Ketua Umum PWI Pusat ke Medan, didampingi pengurus PWI Pusat, Muhamad Ihsan, dan Dar Edi Yoga, untuk memantapkan program Hari Pers Nasional akan digelar di Sumut pada Februari 2023.

Dalam pertemuan itu, Ketua Umum PWI Atal S Depari menyatakan tagline Hari Pers Nasional di Sumatera Utara pada 9 Februari 2023 adalah “Pers merdeka, demokrasi bermartabat” dan akan mengeluarkan DEKLARASI MEDAN di Hari Pers Nasional.

BACA JUGA:   Shell Resmi Tutup Semua SPBU di Medan

Gubsu Edy Rahmayadi mendukung kegiatan HPN di Sumut, dengan harapan pertemuan nasional para jurnalis ini harus bisa memberikan buah pikiran, gagasan dapat memberi manfaat bagi daerah maupun pusat.

Paling tidak, Edy Rahmayadi berharap menunjukan komitmennya untuk membangun negara dan daerah, katanya.

 

Redaksi melaporkan

Shell Resmi Tutup Semua SPBU di Medan
Ekonomi

INDONESIAGLOBAL – Shell Indonesia memutuskan untuk menutup seluruh operasional Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Medan, Sumatera Utara pada…